Home / Sumut / Wakil Ketua TP PKK Provsu Sedih Pelanggaran HAM
WOL Photo

Wakil Ketua TP PKK Provsu Sedih Pelanggaran HAM

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Sumatera Utara (TP PKK Provsu), Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, mengatakan manusia, khususnya umat Islam, diwajibkan menolong sesama apalagi saat tertimpa musibah ataupun kesulitan.

Untuk itu, umat Islam harus peduli pada nasib warga suku Uyghur di Tiongkok yang saat ini ramai dibicarakan dan diprotes. Hal tersebut disampaikan Ayu dalam sambutan pada diskusi terbatas para tokoh muslimah bertema ‘Saatnya Umat Islam Belajar dari Uyghur’ di Hotel Garuda Plaza, Jalan SM Raja, Medan, Jumat (11/1) kemarin.

“Kita sangat sedih atas penindasan, kekerasan, pelanggaran hak asasi manusia yang dialami oleh suku Uyghur,” ujar Ayu.

Menurut Ayu, kepedulian terhadap nasib suku Uyghur di Tiongkok bukan semata berdasarkan akidah yang sama dengan umat Islam lain. Tetapi juga didasarkan kemanusiaan yang sudah ada di dalam diri manusia sejak lahir.

“Kita pantas mengecam penindasan kekerasan serta pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi pada siapapun terlepas dari suku, agama, dan ras,” kata Ayu.

“Bangsa muslim Uyghur mengajarkan cara berjuang mempertahankan pendirian yang kokoh. Di dalam kondisi sesulit itu, mereka tetap istiqomah sehingga meningkatkan ketaqwaan kepada Allah,” katanya.

Ketua Gerakan Muslimah Aliansi Nasional Anti Syiah, Ronny Rizkita Siregar, mengatakan diskusi merupakan refleksi atau kepedulian terhadap nasib suku Uyghur. Ronny mengatakan saat ini tidak ada yang bisa diperbuat mengenai penindasan yang dialami muslim Uyghur. Namun, dirinya optimis diskusi tersebut dapat menghasilkan buah pikiran mengenai masalah dimaksud.

“Diskusi ini semoga dapat menyampaikan kepada dunia bahwa masalah Uyghur adalah masalah keumatan sehingga akan memanggil seluruh Umat Islam agar dapat memikirkan jalan keluar yang bisa ditempuh,” kata Ronny. (wol/aa/rls/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Ketika Wagubsu dan UAS Saling Tebar Pujian

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, menjamu Ustadz Abdul Somad (UAS) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: