_
Home / Sumut / Wagubsu Optimis Kesehatan Masyarakat Meningkat
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Wagubsu Optimis Kesehatan Masyarakat Meningkat

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, optimis tingkat kesehatan masyarakat Sumut akan meningkat jika terwujud sinkronisasi program peningkatan kesehatan antara kabupaten/kota, provinsi, dan pusat secara strategis.

Demikian diungkapkan saat membuka acara Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Sumatera Utara di Hotel Grand Mercure Medan, Selasa (26/3).

“Dengan berkolaborasinya semua unsur ini akan dihasilkan penguatan pelaksanaan kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta di Sumut,” ujar Wagubsu atau akrab disapa Ijeck.

Lebih lanjut dikatakan, cakupan kesehatan semesta menjamin seluruh masyarakat memiliki akses kebutuhan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang berkualitas dan efektif.

“Cakupan kesehatan semesta ini menjadi suatu keniscayaan mewujudkan visi misi Pemprovsu menuju masyarakat Sumut bermartabat karena memiliki kesehatan yang prima,” ujarnya.

Begitupun, Ijeck memaparkan saat ini Sumut tengah dihadapkan berbagai tantangan dan isu-isu kritis yang perlu dijawab dengan peningkatan cakupan dan mutu imunisasi, percepatan eliminasi TBC, percepatan penurunan stunting, percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Neonatal (AKN) serta peningkatan pencegahan, dan pengendalian penyakit tidak menular.

“Kami minta rencana aksi yang disusun dilaksanakan konsisten dan berkesinambungan. Sebab tantangan ke depan pembangunan kesehatan akan semakin berat, terutama menghadapi era globalisasi yang menuntut kita dapat berkompetisi,” sebut Ijeck.

Menteri Kesehatan, Prof Dr dr Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek SpM, memberi apresiasi terhadap semangat Pemprovsu meningkatkan kesehatan di Sumut. Menurut Menkes, peningkatan kesehatan dapat dilakukan dengan pembenahan Rumah Sakit Haji Medan yang melayani masyarakat dalam dan luar kota.

Kadis Kesehatan Provsu, Drs Agustama Apt MKes, menginformasikan pihaknya telah menggelar Pra Rakerkesda dengan agenda diskusi kabupaten/kota dan provinsi terkait lima aksi program prioritas kesehatan yang harus dicapai tahun 2019-2020.

Agustama menyebutkan ada beberapa masalah yang perlu ditindaklanjuti di antaranya penurunan stunting dari angka 32,3 persen, prioritas eliminasi TBS, prioritas mutu dan cakupan imunisasi, prioritas Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) serta gizi buruk serta penurunan penyakit. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Ladies, Ini Daftar Makanan yang Bikin Anda Awet Muda!

  Penuaan adalah proses alami tubuh yang tak bisa dihindari. Walaupun Anda tidak dapat menghentikannya, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: