_
Home / Sumut / Wagubsu: Kita Mau Efisiensi Keluarkan Anggaran
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Wagubsu: Kita Mau Efisiensi Keluarkan Anggaran

PANYABUNGAN, Waspada.co.id – Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupatan Mandailing Natal (Madina), Musa Rajekshah yang juga Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) meninjau Mess Pemprov Sumut di Panyabungan, Senin (8/4). Pendataan sekaligus konsep pengembangan untuk menambah pendapatan asli daerah (PAD) menjadi fokus ke depan.

“Sambil kunjungan ke daerah, kita mau lihat juga aset Pemprovsu terutama mess yang ada di beberapa kabupaten/kota. Ke depan, kita akan inventarisasi seluruh aset,” ujar Wagubsu didampingi Kabiro Umum M Faisal Hasrimy dan Kepala Balitbang Effendy Pohan.

Menurut Wagub, mess yang ada di daerah perlu dilihat dan didata yang bisa produktif dan belum. Sebab direncanakan pengelolaan aset yang potensial akan dilakukan kerja sama dengan pihak ketiga seperti operator yang pengalaman mengelola hotel. Selain berpengalaman, pelaku perhotelan biasanya memilki jaringan khususnya daerah pariwisata.

“Dan memang daerah tempat mess kita itu seperti di Parapat dan Berastagi. Kenapa, supaya lebih efektif. Kita kan pemerintah, tidak punya pengalaman atau fokus untuk bidang usaha perhotelan, sementara mess kita bagus,” sebut Musa yang akrab disapa Bang Ijeck.

Dengan pengelolaan mess yang lebih baik akan mendatangkan PAD yang lebih tinggi. Karenanya, upaya langkah kerja sama dinilai akan efektif dengan status kepemilikan tidak berubah serta hak penggunaan bagi aparatur sipil negara (ASN) yang ingin berkunjung dalam rangka tugas juga tidak berubah.

“Jadi kita mau lihat dan mau efisiensi mengeluarkan anggaran. Bagaimana memaksimalkan PAD dari aset-aset daerah. Mudah-mudahan ini bisa tercapai. Kita evaluasi, survei, dan lihat ke depannya nanti. Itu rencana kerja ke depan,” papar Ijeck.

Kepala Biro Umum, Muhamad Faisal Hasrimy, menyebutkan Pemprovsu secara teknis telah menjalin komunikasi dengan sejumlah pihak dalam menindaklanjuti rencana Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut meningkatkan PAD sekaligus menyiapkan regulasi penyerahan pengelolaan melalui sistem kerja sama pihak ketiga. (wol/aa/data1)
editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Ijeck Ajak Siswa Tidak Takut Bermimpi

MEDAN, Waspada.co.id – Ada yang istimewa pada hari pertama sekolah di Yayasan Pendidikan Harapan, Senin ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: