Home / Sumut / Wagubsu: Infrastruktur Rusak Akibat Banjir Segera Diperbaiki
foto: Antara

Wagubsu: Infrastruktur Rusak Akibat Banjir Segera Diperbaiki

JAKARTA, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, mengklaim banjir di wilayahnya telah nihil. Namun, ia mengakui bahwa ada infrastruktur yang rusak akibat banjir tersebut.

“Banjir sudah tidak ada, karena akibat banjir itu jalan terputus, rumah juga ada yang rubuh,” kata Musa saat menghadiri acara tablig di Rutan Salemba Jakarta, Sabtu (13/10).

Musa menjelaskan pihaknya bakal segera memperbaiki infrastruktur yang rusak akibat banjir. Sejauh ini sudah ada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Cipta Karya setempat yang turun ke lokasi.

“Pak Gubernur juga akan turun ke lapangan untuk melihat korban, kan ada 12 orang di sana. Kita akan mengerjakan sarana prasarana karena jalan kan sekarang terputus,” ujar Musa lagi.

Musa juga memastikan akan membantu kebutuhan warga di lapangan. Dikatakan, pemerintah setempat sudah melakukan perbaikan di lapangan. Ijeck menambahkan Pemerintah Kabupaten serta jajarannya dan dinas terkait akan segera diberikan bantuan.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, menyatakan sedang memeriksa kondisi terkini saat bencana. Ada sejumlah rutan dan lapas yang diketahui berada di daerah Mandailing Natal dan Sibolga, tempat banjir terjadi.

“Sekarang sedang ditugaskan oleh kami untuk terus melakukan update. Kebetulan nanti seperti apa hari ini, kami belum dapat informasi,” ucapnya.

Sebanyak 22 orang dilaporkan meninggal dan 15 hilang akibat banjir dan longsor di dua tempat, Sumatera Utara serta Sumatera Barat per Sabtu (13/10). Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan banjir dan longsor ini terjadi akibat hujan lebat sejak Kamis (11/10) lalu.

Menurut Sutopo, banjir bandang dan longsor di Mandailing Natal juga menyebabkan 17 unit rumah rubuh dan lima unit rumah hanyut. Selain itu, ratusan rumah terendam banjir dengan ketinggian 1-2 meter di Kecamatan Natal dan Muara Batang Gadis. Adapun warga yang meninggal terdiri atas 11 siswa di Desa Muara Saladi, Kecamatan Ulu Pungkut. (wol/aa/cnn/data1)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Gubsu Minta Penanganan Banjir di Madina Dilakukan dengan Segera

PANYABUNGAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta agar penanganan banjir dan longsor ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: