_
Home / Sumut / Wagubsu Dapat Gelar Sutan Rajo Rangkayo Basa
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Wagubsu Dapat Gelar Sutan Rajo Rangkayo Basa

NATAL, Waspada.co.id – Ninik Mamak Nan Gadang Basa Batuah Majelis, Pemangku Adat Ranah Nagari Nata resmi mengangkat Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah sebagai Ninik Mamak Nan Gadang dengan gelar Sutan Rajo Rangkayo Basa di Lapangan Merdeka, Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Selasa (10/9).

Gelar ini diberikan karena Wagub atau biasa disapa Ijeck dinilai berjasa bagi masyarakat Natal. Pemberian gelar adat ini sekaligus dalam rangkaian acara Tabligh Akbar Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H bersama Ustadz Abdul Somad (UAS).

Dikatakan Misdar yang bergelar Datuk Ketek Sati Batuah, Ketua Lembaga Adat Kecamatan Natal, pemberian gelar kepada Ijeck adalah sebagai bentuk penghormatan atas kehadiran Wagub di Kecamatan Natal.

“Jadi dari kesepakatan seluruh suku yang ada di Natal, melalui musyawarah lembaga akhirnya kita beri gelar Sutan Rajo Rangkayo Basa kepada Bapak Wakil Gubernur Sumatera Utara,” ujar Misdar.

Misdar mengungkapkan kunjungan Wagub ini meninggalkan kesan yang mendalam bagi masyarakat Natal. Selain itu, Ijeck juga aktif menerima aspirasi warga, khususnya Natal, sebagai upaya mewujudkan cita-cita Provinsi Sumatera Utara yang adil, makmur, dan bermartabat.

“Sebagai definisi dari Sutan Rajo Rangkayo Basa sesuai yang tadi, Batang Kayo Badaun Rimbun yang artinya sebagai tempat kita bersandar, tempat berteduh, bila hujan panas, tempat bersila, khususnya bagi masyarakat,” ujar Misdar menambahkan Ijeck resmi menjadi warga Natal.

“Dengan gelar ini, karena Pak Wagub juga sudah menjadi bagian dari masyarakat Pantai Barat, kami bisa lebih dekat dan bantu mengatasi permasalahan dan pembangunan di Natal. Misalnya, masalah penerangan listrik yang sampai ini dirasakan kurang oleh masyarakat,” sebutnya.

Pemberian gelar ini mendapat respons positif dari Wagubsu. Dikatakan, dengan adanya gelar ini membuktikan bahwa kehadiran dirinya dan Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) mendapat tempat di tengah masyarakat Pantai Barat.

“Saya berterima kasih telah diberikan gelar Sutan Raja Rangkayo Basa, artinya ini adalah pengakuan dari masyarakat bahwa kita diterima di sini. Semoga kehadiran kita membawa manfaat bagi Kecamatan Natal dan Kabupaten Mandailing Natal,” jelas Ijeck.

Usai upacara pemberian gelar, acara dilanjutkan tausyiah oleh Ustadz Abdul Somad (UAS). Diakui, ini adalah pertama UAS memberi ceramah menggunakan pakaian adat. Hal ini disebut menunjukan betapa spesialnya Kecamatan Natal bagi dirinya. (wol/aa/data1)

适适

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Sabrina: Stunting dan Jaminan Kesehatan Jadi Fokus Utama

LUBUKPAKAM, Waspada.co.id – Stunting dan jaminan kesehatan menjadi salah satu fokus utama Pemerintah Provinsi Sumatera ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.