Breaking News
Home / Sumut / Wagubsu Buka Rakor Penyusunan Standarisasi LPSE
WOL Photo
WOL Photo

Wagubsu Buka Rakor Penyusunan Standarisasi LPSE

MEDAN, WOL – Wakil Gubernur Sumatera Utara, Dr Nurhajizah Marpaung SH MH, membuka Rapat Koordinasi Daerah Pengelola Layanan Pengadaan Secara Elektronik Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017 di Grand Mercure Maha Cipta Nomor 1, Medan Kamis (17/5).

Nurhajizah mengharapkan Rakor dapat menyusun standarisasi LPSE mendukung Pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (RAN-PPK).

“Saya mengharapkan Rakor LPSE ke-4 Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017 dengan beberapa rangkaian kegiatan benar-benar menjadi salah satu pilar yang mampu mewujudkan SUMUT PATEN dengan pelaksanaan rencana aksi Nasional pencegahan dan pemberantasan korupsi melalui standarisasi LPSE,” kata Nurhajizah.

Hal itu sebagaimana dengan Tema Rakor yaitu “Dengan Pelaksanaan Rakorda LPSE ke-4 kita wujudkan Sumut Payen dengan Pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (RAN-PPK) melalui Standarisasi LPSE”.

Menurut Wakil Gubernur, pada pemerintahan saat ini telah memasuki babak baru yaitu dengan mulai diterapkannya pengadaan Barang dan Jasa berbasis elektronik atau e-Procurement. Pelaksanaan e-Procurement dilakukan secara elektronik yang berbasis website/internet dengan memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi yang meliputi pelelangan umum dan pra-kualifikasi serta sourcing secara elektronik dengan menggunakan modul berbasis website.

Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Pengelolaan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017 diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah yang ditetapkan oleh Presiden pada Tanggal 6 Agustus 2010 yang merupakan peraturan pengganti dari Keputusan Presiden Nomor 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Tampak hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi SumateraUtara H M Fitriyus. Sebelumnya Panitia Pelaksana Rakorda Kepala Bidang Layanan Pengadaan Secara Elektronik Dinas Komunikasi dan Informatika Provsu, Herman SE MSi, mengatakan bahwa Rakorda dihadiri Para Pengelola LPSE Kabupaten/Kota se Sumatera Utara dan LPSE Aceh, LPSE USU, LPSE Unimed, LPSE Pelindo, LPSE Kalimantan Selatan dan LPSE Kalimantan Utara.

Menurutnya, Rakorda berlangsung dari Tanggal 17 s/d 19 Mei 2017 dan bertujuan untuk mengimplementasikan strategi pengadaan dan mengakses barang dan jasa serta pemberitahuan kepada publik tentang LPSE serta meningkatkan Sumber Daya Manusia.(wol/rdn/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

AP

Israel Serang Kelompok Hamas Gaza

GAZA, WOL – Israel melancarkan serangkaian serangan udara dengan target kelompok Hamas di Gaza pada ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.