_
Home / Sumut / Wagubsu Berharap Pramuka Sumut Bangkit
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Wagubsu Berharap Pramuka Sumut Bangkit

JAKARTA, Waspada.co.id – Gerakan Pramuka Indonesia merupakan organisasi yang bersejarah dan telah banyak berperan dalam menempa dan membangun karakter anak bangsa. Di Sumatera Utara (Sumut), kehadiran Pramuka juga miliki pengaruh besar bagi generasi muda Sumut. Diharapkan, peran dan semangat baik yang ditularkan Pramuka Sumut ini akan terus tumbuh.

Hal ini diutarakan Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu), Musa Rajekshah, usai menghadiri Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-58 di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Wiladatika, Cibubur, Jakarta, Rabu (14/8). Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertindak sebagai pembina upacara.

“Eksistensi pramuka di Sumut harus terus dipertahankan dengan senantiasa aktif menggelar kegiatan-kegiatan yang positif. Seperti makna yang terkandung dalam Pramuka itu sendiri, yakni Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Begitulah juga harapan saya, Pramuka Sumut harus bangkit dan aktif berkarya,” ucap Wagubsu yang juga akrab disapa Ijeck.

Sesuai tema Peringatan Hari Pramuka ke-58 yaitu “Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”, Ijeck berharap tema tersebut bisa dimaknai dan diimplementasikan anggota Pramuka dalam kehidupan sehari-hari. Bentuk sederhananya dimulai dengan peduli dan berpartisipasi menjadikan Sumut lebih baik.

“Untuk mendukung keberlangsungan dan kelancaran aktivitas Pramuka Sumut, Pemprovsu baru-baru ini merelokasi Gedung Kwarda Sumut. Relokasi direncanakan akan dilakukan di Taman Cadika Johor. Gedung Pramuka yang lama kita rasakan kurang representatif, karena berada di tengah kota, kurang memadai dan sebagainya. Jadi relokasi nantinya akan mengangkat harkat, martabat, dan kualitas Gerakan Pramuka Sumut,” jelasnya.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengucapkan selamat ulang tahun ke-58 kepada seluruh jajaran Gerakan Pramuka. Sebelumnya, Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Budi Waseso, memberikan anugerah penghargaan Tunas Kencana kepada Presiden Jokowi.

Penghargaan tertinggi ini diberikan atas pertimbangan Jokowi sebagai presiden telah menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Nasional selama lima tahun. Kemudian, Jokowi juga dianggap aktif dan peduli terhadap gerakan pramuka.

“Lencana yang sama juga telah diberikan Pramuka kepada presiden-presiden sebelumnya yakni Soeharto, BJ Habibie, Megawati, dan Susilo Bambang Yudhoyono,” ungkap Budi.

Abdul Rajab, salah satu perwakilan Kwarda Pramuka Sumut yang hadir, juga memiliki harapan yang sama dengan Wagubsu. Dirinya menilai Pramuka Sumut kurang aktif beberapa tahun terakhir. Namun, tahun ini dan ke depannya Rajab yakin Pramuka Sumut segera bangkit. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Bapomi Sumut Bidik Lima Besar Pomnas XVI

MEDAN, Waspada.co.id – Sebanyak 73 atlet Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) Sumatera Utara (Sumut) diberangkatkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.