Home / Sumut / Wagubsu Berharap Kembali Raih Opini WTP
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Wagubsu Berharap Kembali Raih Opini WTP

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Sumatera Utara tahun anggaran 2018 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Utara, Senin (25/3).

Dalam kesempatan itu, Wagubsu mengharapkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dapat mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diraih pada tahun lalu. Bila demikian, Sumut akan memperoleh WTP untuk kelima kalinya.

“Semoga Pemprov Sumut dan kabupaten/kota di Sumatera Utara mendapat WTP dan meningkatkan kecepatan penyerahan laporan tahun-tahun ke depan,” kata Wagub yang akrab disapa Ijeck.

Dalam kesempatan itu, Ijeck juga mengatakan Pemprovsu akan terus berupaya memperbaiki dan menindaklanjuti temuan yang ada sebelumnya, sehingga tidak terulang pada tahun berikutnya. Wagubsu juga berharap tidak ada temuan yang krusial pada pemeriksaan nanti.

Diharapkan, laporan keuangan seharusnya tidak diberikan di akhir tenggat waktu. Berdasarkan perundang-undangan atau peraturan pemerintah, laporan keuangan pemerintah harus diserahkan dalam tempo tiga bulan setelah tahun berjalan.

“Memang dalam pelaporan keuangan sebaiknya jangan diserahkan di akhir-akhir waktu yang ditentukan,” ujarnya juga berharap bimbingan BPK mengenai pengelolaan keuangan.

“Kami berharap BPK dapat memberi masukan dan bimbingan dari sisi keuangan agar provinsi serta kabupaten/kota lebih baik lagi ke depannya,” ujarnya.

Kepala Perwakilan BPK RI Sumut, Vincentia Moli Ambar Wahyuni, mengharapkan Sumut baik itu Pemprov maupun kabupaten/kota dapat lebih baik tidak hanya dari segi opini, melainkan pelaporannya juga.

Hingga saat ini, sudah 15 pemerintah daerah yang menyerahkan laporan keuangannya kepada BPK. Ambar menyebut penyerahan laporan keuangan sudah dilakukan sejak 18 Februari lalu. Selain Pemprovsu, Pemkab Serdang Bedagai, Dairi, dan Kota Tebingtinggi juga menyerahkan laporan keuangannya.

“Kami selalu berusaha melakukan continuity improvement untuk laporan keuangan yang memang layak dan tentunya nanti agar bisa memperoleh WTP,” kata Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan, mewakili Pemkab/Pemkot.

Turut hadir Bupati Dairi Johnny Sitohang Adinegoro, Bupati Serdang Bedagai Soekirman, Kepala BPKAD Provsu Agus Tripriyono, dan Kepala Dinas Pendidikan Provsu Arsyad Lubis. (wol/aa/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Gubsu: Sumut Harus Jadi Contoh Pemilu Aman

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: