_
Home / Sumut / Wagubsu Berharap Dukungan Percepat Pembangunan Wisata Danau Toba
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Wagubsu Berharap Dukungan Percepat Pembangunan Wisata Danau Toba

JAKARTA, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Tindak Lanjut Percepatan Pengembangan Destinasi Pariwisata Danau Toba di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (22/7).

Ini merupakan tindak lanjut dari Rakor sebelumnya tentang Percepatan Pengembangan Pariwisata Danau Toba yang digelar 12 Juli lalu. Rapat yang dipimpin Menko Bidang Kemaritiman Luhut B Pandjaitan ini dihadiri para menteri dan kepala daerah di kawasan Danau Toba serta para pengusaha dan pihak terkait lainnya.

Rakor ini merupakan salah satu bentuk keseriusan Pemerintah Pusat, Pemprovsu, dan Pemda setempat terhadap pengembangan Danau Toba. Pada kesempatan itu, Wagubsu mengharapkan dukungan dari pemerintah pusat terhadap pengembangan wisata Danau Toba sebagai destinasi wisata prioritas dan super prioritas.

Antara lain untuk pembangunan infrastruktur pendukung, seperti pembangunan Tol Medan-Tebingtinggi-Siantar-Parapat, pembangunan outer ringroad Samosir, pengembangan Kualanamu International Airport (KNIA) dan Silangit-Sibisa serta pengembangan pelabuhan dan memperlancar rute jalan ke Danau Toba.

“Pembangunan infrastruktur pendukung merupakan salah satu yang terpenting dalam upaya percepatan pengembangan Danau Toba sebagai destinasi wisata prioritas dan super prioritas. Karena itu, kami sangat mengharapkan dukungan dari pemerintah pusat,” ujar Wagub atau akrab disapa Ijeck.

Selain itu, katanya, juga dibutuhkan pembangunan fasilitas umum dan sosial. Persoalan lingkungan juga menjadi perhatian, seperti peningkatan kualitas air danau, pengendalian limbah domestik (pemukiman), pengendalian limbah industri, pengendalian sampah, dan pengendalian kerusakan hutan.

Menko Kemaritiman, Luhut Panjaitan, menyampaikan sebagaimana harapan Presiden Joko Widodo mengenai peningkatan kawasan wisata di Indonesia, pemerintah sangat serius mengembangkan destinasi wisata di tanah air. Termasuk Danau Toba yang sudah ditetapkan menjadi destinasi wisata prioritas dan super prioritas.

Tentang pembangunan infrastruktur pendukung di Danau Toba, Menko minta para bupati di kawasan Danau Toba menyampaikan program dan kebutuhan yang diperlukan. Selain itu, Luhut juga meminta kementerian terkait berkoordinasi dan membantu Pemda membangun destinasi wisata di Danau Toba agar pembangunan destinasi wisata kelas dunia terwujud. (wol/aa/data1)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

SDM Unggul Jadikan Sumut dan Indonesia Maju

MEDAN, Waspada.co.id – HUT ke-74 Kemerdekaan RI menjadi motivasi untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.