_
Home / Sumut / Wagubsu: Benahi dan Evaluasi PMKS Tanjung Kasau
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Wagubsu: Benahi dan Evaluasi PMKS Tanjung Kasau

TANJUNG KASAU, Waspada.co.id – Para Direksi PT Perkebunan Sumatera Utara (PT PSU) yang baru terpilih diminta segera membenahi dan mengevaluasi secara menyeluruh di perusahaan yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprovsu tersebut.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, saat melakukan kunjungan ke Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) Tanjung Kasau, Sabtu (21/9) kemarin.

“Saat ini, kita berikan kesempatan kepada direksi baru untuk bekerja, membenahi, dan evaluasi segala permasalahan yang ada mulai dari internal. Hasilnya nanti segera dilaporkan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur, karena ini milik Pemprovsu,” ujar Musa yang juga akrab disapa Ijeck.

Sesampainya di PMKS, Ijeck langsung meninjau satu demi satu bagian, mulai dari paling awal yakni bagian sortasi TBS. Ia mengecek secara langsung kualitas buah dan cara karyawan melakukannya.

“Sengaja saya tinjau mulai dari awal yakni bagian sortasi loading ramp sampai turun ke semua station hingga bengkel untuk melihat seluruh kondisi pabrik,” ujar Ijeck.

“Namun masih sangat perlu perawatan. Karena banyak sparepart yang tidak stand by, khususnya boiler. Bagaimanapun, pabrik ini harus bagus dan terawatt karena hal ini berpengaruh kepada produksi minyak yang dihasilkan,” aku Ijeck melihat masih kurangnya perawatan pabrik.

“Namanya pabrik, ya kuncinya adalah perawatan. Di pabrik ini, saya belum lihat secara menyeluruh. Dilihat dari kondisi buah TBS yang masuk harus lebih diperhatikan. Karena saya lihat tadi, dari TBS yang masuk, masih banyak buah yang harusnya tidak masuk masih tertumpuk di loading ramp,” kata Wagub.

Saat ini, dikatakan Ijeck, dirinya memberikan kesempatan kepada direksi baru untuk bekerja dan membenahi serta mengevaluasi segala permasalahan yang ada, baik dari kinerja dan jumlah karyawan serta kondisi pabrik.

“Kita akan lihat kondisi keuangan kita, mudah-mudahan bisa segera pulih normal dan pabrik ini tidak boleh terbebani dengan karyawan-karyawan yang tidak produktif,” jelas Ijeck sembari berharap PAD yang dihasilkan PT PSU meningkat untuk mempercepat pembangunan Sumut.

Senada dengan Ijeck, Gazali Arief selaku Direktur Utama PT PSU menegaskan akan segera membenahi internal perusahaan. Dijelaskan, salah satu aksi yang sudah dilakukan memperbaiki internal perusahaan adalah menindak tegas karyawan yang berbuat curang seperti memecat kepala tata usaha yang tidak jujur.

Insya Allah dengan seperti itu kita akan lebih cepat memperbaiki kebun dan pabrik kita,” ujar Gazali. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Diklat In Service Training Bangun Komitmen Calon Kasek Menuju 8 SNP

BATUBARA, Waspada.co.id – Pendidikan dan In Service Training 1 bermaksud memberikan kesempatan kepada guru profesional ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.