_
Home / Sumut / Wagubsu Apresiasi Pegadaian Bantu Permasalahan Masyarakat
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Wagubsu Apresiasi Pegadaian Bantu Permasalahan Masyarakat

MEDAN, Waspada.co.id – Untuk membantu masyarakat dalam keuangan, instansi seperti Pegadaian sangat diperlukan. Apalagi banyak masyarakat masih menggunakan jasa rentenir dengan bunga pinjaman tinggi dan akhirnya terlilit utang.

Atas perannya tersebut, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah mengapresiasi Pegadaian yang selama ini ada di daerah dan senantiasa membantu permasalahan masyarakat.

“Dengan adanya Pegadaian, harapan kita, masyarakat tidak berurusan dengan rentenir,” ujar Wagubsu pada acara gathering Sinergi Harmoni Pegadaian dengan mitra bisnis di Hotel Adimulya Medan, Selasa (17/9) malam.

Pegadaian juga diharapkan dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu), khususnya membantu masyarakat dalam hal permasalahan keuangan. Dikatakan, Pegadaian juga perlu mengenalkan diri hingga ke pelosok wilayah Sumut.

“Karena banyak yang terlilit utang dengan bunga yang tinggi kepada rentenir,” kata Wagub atau akrab disapa Ijeck.

Turut hadir perwakilan BUMN dan perusahaan swasta yang ada di Sumut. Wagub pun berharap agar perusahaan yang ada di daerah dapat memberikan bantuannya (CSR) kepada masyarakat serta mendukung program Pemprovsu. Salah satunya seperti program ‘Desa Sadar Wisata’ yang sedang direncanakan.

Pada kesempatan itu, Ijeck juga menyaksikan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pegadaian dengan 22 mitra bisnis yang di dalamnya terdiri atas Badan Usaha Milik Negara (BUMN), instansi pendidikan serta perusahaan swasta.

Direktur Utama PT Pegadaian, Kuswiyoto, mengatakan kerja sama tersebut dilakukan guna meningkatkan pelayanan serta jumlah nasabah di Sumut. Saat ini, Pegadaian sedang mengembangkan banyak produk baru untuk meningkatkan pelayanan. Di antaranya gadai tabungan emas, gold on demand, gadai efek (saham dan obligasi), g cash, gold card, digital lending, dan arum umroh.

Dengan begitu, diharapkan jumlah nasabah di Sumut bertambah 15-20 % per tahun. Saat ini, jumlah nasabah Pegadaian di Sumut berjumlah 1 juta nasabah. Secara nasional, total nasabah Pegadaian mencapai 12,1 juta nasabah dengan laba bersih Rp1,7 triliun.

Sementara itu, produk yang diunggulkan oleh Pegadaian di Sumut adalah tabungan emas. Sekarang ini saja, Pegadaian telah menjual sebanyak 3,3 ton emas. Kuswiyoto menyebutkan semua produk yang dikembangkan untuk memudahkan masyarakat, agar kebutuhannya bisa dipenuhi. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Pemprovsu Tidak Pernah Hambat Upaya Penegakan Hukum

MEDAN, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) mendukung setiap upaya penegakan hukum oleh aparat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.