Breaking News
Home / Sumut / Wagub Buka Pesta Budaya Mejuah-juah Karo
WOL Photo
WOL Photo

Wagub Buka Pesta Budaya Mejuah-juah Karo

BERASTAGI, WOL – Dari atas kereta kuda (sado), Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut), Dr Hj Nurhajizah Marpaung, memberikan salam kepada masyarakat yang antusias menyaksikan gelaran Pesta Budaya Mejuah-juah Kabupaten Karo 2017 yang berlangsung di Kota Wisata Berastagi, Kamis (26/10).

Ribuan orang pun ikut memeriahkan pawai di tepi Jalan Lintas Medan-Kabanjahe menampilkan kekayaan budaya daerah di Sumut.

Wagub yang diarak menuju panggung kehormatan tersebut terlihat didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana, Wakil Bupati Karo Cory Sebayang, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan, Kadisbupar, dan Ketua Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba Alimin Ginting serta sejumlah pimpinan SKPD Karo. Dirinya pun melambaikan tangan di hadapan ribuan warga yang juga sudah hadir di lokasi sebelum pawai budaya dimulai.

Sebagai tamu kehormatan, Wagub pun disuguhi penampilan dari berbagai peserta/kontingen pawai budaya yang merupakan rangkaian acara Pesta Budaya Mejuah-juah Karo 2017. Diantaranya tarian tradisional Gundala-Gundala, pakaian adat serta suguhan hasil alam sayur dan buah yang menjadi andalan kabupaten ini.

Meskipun dalam kondisi guyuran debu vulkanik dari letusan erupsi Gunung Sinabung, namun ribuan masyarakat tetap bersemangat menyaksikan para peserta pawai yang beriringan sepanjang lebih kurang 2 km. Bahkan Wagub pun ikut menari bersama diiringi musik tradisional Karo saat peserta pawai berhenti tepat di depan panggung kehormatan.

“Kepada Wakil Gubernur Sumatera Utara Ibu Nurhajizah Marpaung kami mohon sudi menerima oleh-oleh dari peserta pawai yang merupakan kekayaan atau andalan dari kecamatan yang ada di Kabupaten Karo,” ujar pembawa acara melalui pengeras suara saat peserta menyerahkan buah tangan kepada Wagub untuk dibawa pulang.

Selain penampilan budaya tradisional ditambah kemeriahan para siswi sekolah menampilkan musim drum band, penyerahan berbagai oleh-oleh khas Karo seperti buah-buahan, bunga, kerajinan tradisional serta penganan menjadi tontonan menarik yang menyita perhatian warga dan sejumlah wisatawan mancanegara yang juga antusias menyaksikan kekayaan budaya Sumatera Utara.

Selanjutnya Wagub pun menuju panggung utama acara di Taman Mejuah-juah Berastagi untuk membuka penampilan pesta budaya yang digelar 26-29 Oktober 2017.(wol/rdn/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo

YARA Kawal Kasus Kerusakan Lahan Negara Diklaim Milik Pengusaha

LHOKSUKON, WOL – Tim Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) terus mengawal perkara kerusakan sejumlah tanaman ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.