Home / Sumut / Tunisia Lirik Investasi di Sumut
WOL Photo

Tunisia Lirik Investasi di Sumut

MEDAN, WOL – Negara Republik Tunisia menyatakan minatnya untuk berinvestasi di Provinsi Sumatera Utara, terutama bidang pertanian dan pariwisata. Hal ini terungkap dalam kunjungan kehormatan duta besar Republik Tunisia Mr Mourad Belhassen ke Pemerintah Provinsi SUmatera Utara yang diterima oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekdaprovsu  R Sabrina di ruang kerja Sekdaprovsu Jalan Diponegoro No.30 Kantor Gubsu, Medan, Selasa (5/5).

“Kami sangat ingin bekerja sama secara ekonomis. Tidak hanya di Jakarta tapi juga provinsi-provinsi lain di Indonesia termasuk Provinsi Sumut,” katanya melalui penterjemah saat melakukan audiensi. Untuk itu, pihaknya siap mendatangkan para pengusaha dari Tunisia melihat peluang yang ada dan berinvestasi di Sumut.

Dia sudah mengatakan potensi-potensi di Tunisia yakni  pertanian dan pariwisata. Tunisia memproduksi mesin mesin skala kecil misalnya untuk pembangkit tenaga listrik.

“Kita banyak produksi mesin-mesin untuk skala menengah ke bawah namun belum memproduksi mesin mesin skala besar,” ujarnya.

Dia katakan juga, dari kunjungannya beberapa waktu lalu ke Kadin, para anggota Kadin sangat antusias untuk mengadakan kunjungan Tunisia. Karena, mereka  mengaggap banyak potensi di Tunisia yang mungkin bisa digarap secara ekonomis.

“Banyak kesamaan antara Indonesia dan Tunisia dan saya melihat banyak potensi di Provinsi Sumut. Salah satunya infrastrukturnya jauh lebih baik,” ujarnya.

Tunisia, lanjutnya juga punya kesamaan di bidang pertanian terutama industri sawit sehingga dinegara tersebut cukup banyak usaha fokus pengembangan produk kelapa Sawit.

Sementara Plh Sekdaprovsu R Sabrina sangat menyambut baik ketertarikan negara Tunisia untuk berinvastasi di Provinsi Sumut. Bahkan Sabrina mengarahkan pihak Tunisia bisa berinvestasi dalam pemenuhan kuota gas baik untuk industri maupun non industri terutama kebutuhan masyarakat.

“Kami siap untuk memberikan informasi yanhg dibutuhkan tentang potensi-potesi Sumut,” katanya. Apalagi, lanjutnya, Sumut mempunyai prospek besar, karena secara nasional Sumut merupakan pusat pertumbuhan perekonomian dan infrastruktur yang mendukung untuk industri.

“Peluang investasi contohnya kawasan Khusus Sei Mangke yang berbasis kelapa sawit,” ujarnya. Diakhir pertemuan, Plt Sekdaprovsu juga mengulosi Dubes Tunisia sebagai bentuk penghormatan dan rasa kekeluargaan. Selain itu Sekdaprovsu juga memberikan cendramata dan sebaliknya Dubes Tunisia memberikan cendramata berupa kerajinan Khas Tunisia. (wol/data2) 

Penulis: RIDIN

Check Also

Kampanye Negatif Hambat Kemandirian Energi Nasional

MEDAN, Waspada.co.id – Berbagai proyek pembangunan pembangkit berbasis energi terbarukan untuk kemandirian energi nasional terancam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: