_
Home / Sumut / TPL: Bahan Baku Bubur Kertas Hanya Eucalyptus
WPL Photo/Caessaria ID

TPL: Bahan Baku Bubur Kertas Hanya Eucalyptus

PORSEA, WOL – PT Toba Pulp Lestari membantah tudingan yang menyebutkan bahwa pabrik penghasil bubur kertas tersebut mengambil kayu selain dari pohon Eucalyptus. Manager Humas PT Toba Pulp Lestari Tagor Manik, Kamis (25/2), mengatakan bahwa pabrik tersebut menggunakan bahan baku kayu yang berasal dari Hutan Tanaman Industri yang dikelola sendiri oleh PT Toba Pulp Lestari.

“Supply bahan baku kita didukung dari kebun HTI TobaPulp. Kita tidak ada menerima kayu diluar dari Eucalyptus,” tegas Tigor Manik kepada media.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan standar prosedur operasional (SOP) yang telah diterapkan perusahaan untuk menjaga mutu dan kualitas produksi pulp yang dihasilkan.

“Selain produksi HTI, kami juga bermitra dengan masyarakat lokal dengan membudidayakan Eucalyptus di lahan kosong yang dimiliki masyarakat,” ucapnya.

Kemitraan plasma yang telah terbentuk diwujudkan dengan komitmen perusahaan untuk memberdayakan masyarakat lokal di sekitar HTI TobaPulp.

“Mulai dari bibit, pemupukan dan perawatan semuanya diberikan Toba Pulp. Bahkan, jika sudah waktunya panen maka bersama-sama melakukan penebangan. Hasil eucaliptus tersebut akan dirasakan masyarakat yang bermitra dengan Toba Pulp. Pembagian hasilnya juga telah disesuaikan perusahaan sesuai dengan SOP yang telah ditentukan,” ujarnya.(wol/cza/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Resmi Ibu Kota Pindah, Ini Kata Pengamat Ekonomi

MEDAN, Waspada.co.id – Beberapa waktu lalu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo resmi menetapkan pemidahan Ibu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.