_
Home / Sumut / TP PKK Sumut Juara III Nasional Lomba Masak Rendang
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

TP PKK Sumut Juara III Nasional Lomba Masak Rendang

PADANG, Waspada.co.id  – Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Utara (Sumut) meraih peringkat juara tiga nasional lomba memasak rendang di Halaman Museum Adityawarman, Padang, Jumat (26/7) malam.

Berkompetisi dengan seluruh TP PKK Provinsi di Indonesia kecuali Sumatera Barat (Sumbar), Sumut berhasil memperoleh skor 230 dari juri. Skor tersebut hanya selisih sedikit dengan Jawa Tengah (237) dan Bengkulu (235). Pemenang Harapan I, II, dan III ditempati oleh Yogyakarta, Bangka Belitung, dan Gorontalo.

Alhamdulillah, sangat bersyukur pastinya. Kemarin kita sudah membawa piala juara umum, tidak menyangka ini juga dapat piala. Semua kemenangan ini untuk ibu-ibu PKK Sumut yang hebat-hebat,” ujar Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi usai menerima penghargaan dari Ketua TP PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

Lomba memasak rendang atau Festival Marandang merupakan salah satu rangkaian acara dari Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK PKK Tingkat Nasional ke-47 tahun 2019. Nawal pun memimpin dan terlibat langsung memasak rendang. Sembari mengaduk-aduk santan, Nawal bercerita bahwa dirinya telah belajar memasak sejak remaja.

“Kalau di sini (Padang) kan, santan dulu baru bumbu dimasukkan. Di Sumut, khususnya khas Mandailing itu ditumis dulu bumbunya, cabe giling dan sebagainya baru masukin santan. Terus, kita itu selalu pakai ombu-ombu namanya, kepala parut yang digonseng. Di sini tidak, ” jelas Nawal.

Ketua TP PKK Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang sekaligus terima kasih kepada semua TP PKK Provinsi yang telah berpartisipasi. Dirinya berharap kompetisi ini tidak hanya menambah pengetahuan dan wawasan terkait keunikan dan cita rasa khas masing-masing provinsi, tetapi juga meningkatkan rasa persaudaraan dan kebersamaan. (wol/aa/data1)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Jalan Sehat Milad ke-53 Kahmi, Gubsu Ingatkan Syiar dan Akidah

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, mengingatkan bahwa peran elemen masyarakat, khususnya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.