_
Home / Sumut / TNI/Polri Perbaiki Rumah Ibadah
foto: waspada

TNI/Polri Perbaiki Rumah Ibadah

TANJUNGBALAI, WOL – TNI/Polri, Pemko, Ormas dan masyarakat memperbaiki 17 bangunan rumah ibadah, kelenteng, dan rumah warga. Karya bakti ini telah berjalan sejak dibuka Pangdam I/BB pada 6 Agustus lalu.

Hasilnya, kondisi bangunan hampir 90 persen dipulihkan baik bagian dalam maupun luar. Karya bakti tersebut, selain perbaikan bangunan, juga untuk kegiatan non fisik berupa penyuluhan kerukunan umat beragama, sosialisasi bahaya narkoba serta pendekatan kepada pemuka agama setempat.

“Harapan saya seluruh masyarakat Tanjungbalai bergandengan tangan dan tidak ada pihak lain yang disudutkan,” kata Pangdam I/BB, Mayjen TNI Lodewyk Pusung, Minggu (21/8).

Beberapa hari sebelumnya, Pangdam I/BB memimpin langsung upacara pembukaan Karya Bakti di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah, Kota Tanjungbalai. Pangdam mengatakan kegiatan Karya Bakti rehabilitasi tempat ibadah pasca-kerusuhan merupakan bentuk perhatian TNI/Polri, Pemprovsu, Ormas serta pemuda.

Melalui rehab rumah ibadah, Pangdam berharap dapat membantu masyarakat agar bisa kembali melaksanakan ibadah sekaligus menciptakan suasana kondusif di Kota Kerang. Khusus kepada prajurit dan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan rehab, kata Pangdam, agar melaksanakan tugas mulia tersebut dengan ikhlas, semangat, sabar, dan tanggung jawab tinggi.

Vihara dan kelenteng yang telah direhab, antara lain Vihara Tri Ratna, Vihara Avalokitesvara, Vihara Vimala Kirti, Vihara Huat Cu Keng, Kelenteng Kioeng Thua, Kelenteng Tio Hai Bio, Kelenteng Kwan Te Tuah, Kelenteng Hien Thien Shiong Tie, Kelenteng Dewi Samudra, dan Kelenteng Harimau Hitam.

Selain itu, Yayasan Sosial Kemalangan, Yayasan Sahputra Persaudaraan, Balai Pengobatan Harimau Hitam, Balai Pengobatan Maco Niu Niu, rumah Meliana, dan Denni. Dalam karya bakti itu, personil yang diterjunkan berjumlah 249 orang dengan rincian TNI AD 111 orang, TNI AL (24), Polri (18), Ormas/OKP (73), dan lainnya sebanyak 23 orang.(wol/aa/waspada/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

DPR Apresiasi KSAD Pertahankan Enzo Allie sebagai Taruna Akmil

JAKARTA – Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari, mengapresiasi langkah Kepala Staf TNI ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.