Home / Sumut / Tinjau UNBK SMK, Wagubsu Berharap Tingkatkan Pembelajaran
WOL Photo

Tinjau UNBK SMK, Wagubsu Berharap Tingkatkan Pembelajaran

MEDAN, WOL – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), berlangsung lancar dan tertib. Namun, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Hj Nurhajizah Marpaung berharap sistem pembelajaran di SMK lebih ditingkatkan lagi, untuk memudahkan siswa mendapat pekerjaan setelah tamat sekolah.

Hal itu disampaikan Wagubsu Nurhajizah Marpaung ketika meninjau pelaksanaan UNBK di SMK Negeri 9 Medan di Jalan Patriot dan SMK Panca Budi Medan di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Senin (2/4). Menurutnya, persiapan UNBK yang dilaksanakan pihak sekolah sudah bagus. “Jadi persiapan sudah oke, hanya kita sistem komputerisasinya, komputernya tidak cukup,” katanya.

Namun, kata Wagubsu, saat ini yang perlu diperbaiki bukan hanya persiapan saja, tetapi sistem pembelajarannya juga. “Anak-anak itu minus english. Kesempatan bekerja sekarang itu kan terlalu kecil,” katanya.

Untuk itu, menurut Nurhajizah Marpaung, saat ini Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) sudah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk sejumlah perguruan tinggi. “Untuk sekolah kejuruan, nanti kita akan kerjasama dengan perguruan tinggi yang sudah kita tanda tangan. Saya kemarin sudah ke China, mereka mau menerima (siswa SMK) sebanyak-banyaknya yang mau belajar di sana sambil bekerja,” ungkapnya.

Siswa yang akan dikirim ke luar negeri harus bisa berbahasa Inggris. “Nanti kita akan kumpulkan dari SMK itu berapa yang bisa dikirim, tapi kita lihat juga nilainya, bukan hanya bahasa Inggris,” ujar Nurhajizah.

Wagubsu juga mengatakan sudah menandatangani kerjasama dengan Belanda. Untuk ini, siswa cukup bekerja sambil belajar dalam waktu beberapa bulan. “Selesainya terserah mau balik kerja di sini, nanti sudah ditempatkan, atau mau di sana pun bisa,” katanya.

Menanggapi tawaran Wagubsu, Kepala sekolah SMK Panca Budi Mumammad Arif Lubis mengatakan, program beasiswa tersebut sangat bagus dan sangat luar biasa. “Ini kami akan follow-up dan tindak lanjuti. Kami usahakan dari sini minimal 5 orang lah,” katanya.

Sementara itu, tentang pelaksanaan UNBK, menurut Arif lancar dan tertib. Pihaknya terus berkordinasi dengan UPT Medan Utara dan pihak terkait, khususnya Pemprovsu. “Kami koordinasi dengan Pemprovsu, karena Pemprovsu induk kita, mereka tempat kita koordinasi, jadi saling bekerja sama,” katanya.

Begitu juga dengan Kepala Sekolah SMKN 9 Medan Kaswardi. Dikatakannya, SMKN 9 tidak memiliki kendala dalam pelaksanaan UNBK tahun ini. Persiapan pelaksanaan UNBK di SMKN 9 tahun ini cukup bagus. “Kami sudah mempersiapkannya jauh hari,” ujarnya.

Meski begitu, Kaswardi mengaku setiap tahun sekolahnya masih kekurangan peralatan. “Setiap tahun kita masih ada kekurangan peralatan sehingga pelaksanaan ujian dilaksanakan 3 sesi. Tahun ini ada 6 lab yang kita pakai. Tahun berikutnya mungkin kita bisa ditambah lab-nya terus dikurangi sesinya,” katanya.

Sewaktu meninjau UNBK SMK, Wagubsu Nurhajizah Marpaung, turut didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Utara Hj Afini dan perwakilan Dinas Pendidikan Sumut.(wol/data2)

Editor : RIDIN

Check Also

KPU Sumut Gelar Rapat Pleno Hasil Pilgubsu di Hotel Polonia

MEDAN, Waspada.co.id – Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut), menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: