Breaking News
Home / Sumut / Tim Unimed Bangun Rumah Ikan di Serdang Bedagai
Dosen FE Unimed, Dr. Zulkarnain Siregar, saat menyerahkan bantuan peralatan kepada perwakilan kelompok ibu-ibu Sejati di Desa Nagalawan, akhir pekan lalu. Bantuan tersebut merupakan bagian dari Ipteks Bagi Wilayah (IBW) dengan pembiayaan dari Kemenristekdikti dan difasilitasi LPM Unimed didukung Universitas Medan Area (UMA). (WOL Photo/Ist)
Dosen FE Unimed, Dr. Zulkarnain Siregar, saat menyerahkan bantuan peralatan kepada perwakilan kelompok ibu-ibu Sejati di Desa Nagalawan, akhir pekan lalu. Bantuan tersebut merupakan bagian dari Ipteks Bagi Wilayah (IBW) dengan pembiayaan dari Kemenristekdikti dan difasilitasi LPM Unimed didukung Universitas Medan Area (UMA). (WOL Photo/Ist)

Tim Unimed Bangun Rumah Ikan di Serdang Bedagai

MEDAN, WOL – Tim dari Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Unimed, akhir pekan lalu, memberikan bantuan rumah ikan kepada nelayan di KSU Muara Baimbi Serdang Bedagai dan pemberdayaan ibu-ibu nelayan di Desa Nagalawan untuk meningkatkan potensi perekonomian warga sekitar wilayah tersebut.

Kegiatan dimaksud merupakan bagian dari Ipteks Bagi Wilayah (IBW) dengan pendanaan dari Kemenristek Dikti kemudian dilaksanakan oleh tim LPM Unimed serta didukung Universitas Medan Area.

Tim dosen yang terdiri dari FE Unimed Dr. Zulkarnain Siregar dan Armin Rahmansyah Nasution menggelar kegiatan itu dengan menghadirkan instruktur Meilinda Suryani. Awalnya tim mengobservasi kondisi perekonomian masyarakat pesisir yang tingkat kesejahteraannya tergantung pada keterampilan yang dimilikinya dalam mengelola sumber daya laut dan perikanan di sekitar tempat tinggal.

Zulkarnain Siregar mengatakan alasan pembangunan rumah ikan dan pelatihan pemanfaatan rumah ikan untuk menunjang usaha nelayan di sekitar lokasi. “Rumah ikan itu maksudnya agar kelompok nelayan tetap bisa melakukan aktivitasnya sehari-hari di laut. Kemudian mereka punya usaha budidaya.”

“Saat cuaca tidak mendukung mereka melaut, para nelayan masih memiliki sumber penghasilan dari budidaya ikan. Budidaya pada rumah ikan ini juga akan mendukung usaha kuliner ibu-ibu nelayan yang punya usaha kuliner dengan bahan baku ikan. Sehingga mereka mampu mempertahankan usahanya,” kata dia.

2
Menurut Zulkarnain Siregar, selain fokus pada nelayan tim juga mendatangi kelompok masyarakat di Serdang Bedagai yang selama ini telah memanfaatkan kawasan pesisisr menjadi ekowisata. Namun untuk menjadikan upaya tersebut menjadi usaha menjanjikan harus dilakukan pelatihan kewirausahaan kepada kelompok ibu-ibu di kawasan pesisir, jelasnya.

Zulkarnain Siregar menambahkan selain membangun rumah ikan, dilakukan juga pelatihan kepada Kelompok Perempuan Sejati untuk pengembangan usaha jangka panjang, “Sebenarnya kelompok ibu-ibu Sejati sudah mengembangkan kuliner pada ekowisata di Desa Nagalawan. Namun hasil olahan kuliner mereka selama ini belum banyak variasi. Sehingga hasil laut yang disajikan kepada konsumen belum memberikan nilai ekonomi lebih baik,” tuturnya.

Atas dasar itulah diberikan pelatihan kepada kelompok ibu-ibu Sejati seperti pengolahan nugget, bakso ikan, presto ikan, sup ikan dan tomyan seafood. “Dengan odifikasi hasil laut diharapkan dapat meningkatkan penghasilan anggota,” kata Zulkarnain lagi.

Untuk menguatkan konsep pembinaan tersebut tim dosen FE Unimed mendorong agar ibu-ibu yang sudah dilatih ini tetap mendapatkan pasokan bahan baku ikan dari nelayan yang sudah punya rumah ikan. “Jadi sifat pemberdayaan ini adalah untuk jangka panjang dan berkelanjutan,” jelasnya.

“Ibu-ibu nelayan punya penghasilan dari usaha kulinernya, kemudian para nelayan tetap bisa menyediakan bahan baku dari rumah ikan walaupun mereka tidak melaut akibat cuaca yang tak menguntungkan,” jelasnya. (wol/ags/min)

Editor: Agus Utama

Check Also

WOL Photo

Ondim Dapat Dukungan Maju Pilkada Langkat di MAN 1 Tanjung Pura

TANJUNG PURA, WOL – Kepala Sekolah MAN 1 Tanjung Pura, Zulkarnaen Dahri SPd, dalam sambutan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.