Home / Sumut / Tiga Profesor dan Dua Doktor Dampingi Rahmad P Hasibuan Gugat Bawaslu Sumut Pada Pilkada Palas
WOL Photo

Tiga Profesor dan Dua Doktor Dampingi Rahmad P Hasibuan Gugat Bawaslu Sumut Pada Pilkada Palas

MEDAN, Waspada.co.id – Tim Bantuan Konsultasi dan Bantuan Hukum (LK BH) Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara melakukan temu pers di Hotel Dharma Deli Medan, 1 Agustus 2018, pukul 20.00 Wib.

Acara berlangsung di ruangan rapat  hotel dihadiri oleh insan pers dan tim advokasi Paslon Bupati Palas Drs. Rahmad P Hasibuan dari LKBH  USU yaitu DR. Edy Yunara, SH, MHUM  (Direktur LKBH USU), Profesor DR. Syafruddin Kallo, Hairul Mac Hasibuan, SH.

Dalam pertemuan itu, Hairul Mac Hasibuan, SH yang juga sebagai timses Paslon No 3 Drs.Rahmad P Hasibuan memaparkan bahwa adanya kejanggalan dalam proses pilkada tanggal 27 Juni 2018, kejanggalannya adalah banyaknya dugaan money politik yang dilakukan oleh Paslon No 1 Tondi Ronitua-Syafruddin Hasibuan dan Alisutan Harahap-Ahmad Zarnawi Pasaribu dari Paslon No 2.

“Ini telah melanggar UU No.10 Tahun 2016″ ujar Mac, langkah langkah hukum yang kami lakukan adalah mencari data ke masyarakat dan alhamdulillah masyarakat memberikan dukungan  ke kami melalui surat pernyataan yang tandatangani di atas meterai yang mana mereka mengakui telah menerima dana dari Paslon No 1 dan Paslon No 2 serta barang bukti uang yang telah kami serahkan ke Panwaslih Kabupaten, lanjut Mac Hasibuan.

Selanjutnya kami mengajukan protes sanggahan ke Panwaslih Kabupaten pada tanggal 2 Juli 2018 tentang adanya money politik yang dilakukan oleh Paslon No 1 dan Paslon No.2, Panwaslih Kabupaten menerima kami secara tidak wajar artinya Panwaslih tidak memberikan rekomendasi bagaimana cara teknis cara membuat pelaporan kepada pihak kami, kata Mac dan kami mencoba lagi menemui mereka, jawaban mereka selalu tidak memuaskan.

Akhirnya kami tanggal 18 Juli 2018 mencoba mengklarifikasi langsung ke Ketua Panwaslih Kabupaten Padang Lawas, kami diterima dan surat keberatan terdahulu yang kami ajukan hanya di tindaklanjuti oleh Panwaslih untuk kandidat Paslon No 2, kandidat Paslon No 1 tidak ditanggapi sama sekali,” ujar Mac Hasibuan.

Hal ini tidak memuaskan bagi kami, lalu kami meneruskan surat kami yang tertanggal 30 Juni 2018 sebagai tembusan ke Bawaslu Propinsi Sumatera Utar yang akhirnya surat keberatan tersebut diterima oleh Bawaslu dengan catatan harus diperbaiki, ujar Mac.

Untuk melanjutkan proses hukum ketingkat lebih tinggi yaitu Bawaslu Propinsi, Bawaslu Pusat serta Mahkamah Agung, kandidat Paslon No 3 Drs. Rahmad P Hasibuan memberikan kuasa hukum khusus kepada LKBH USU yang dipimpin DR. Edy Yunara, SH, MHUM berserta anggota.

Saat memberikan keterangannya Direktur LKBH USU DR. Edy Yunara SH Mhum dan Prof. Syafruddin Kallo menjelaskan peristiwa hukum sengketa pilkada ini diatur dalam UU No.10 Tahun 2018 Pasal 73 menjelaskan bila terjadi money politik peserta pilkada akan dipidana dan di discualifikasi, ujar Edy dan Prof. Kallo, dan meminta pihak Bawaslu agar menindaklanjuti pengaduan ini, baik kandidat paslon No 1 dan No 2. Kata Kallo.

Dan kami juga akan meminta kepada pihak Panwaslih Kabupaten agar barang bukti uang money politik diserahkan ke Bawaslu Propinsi yang hingga saat oni belum diserahkan.

Ini suatu perbuatan penyalahgunaan kewenangan dan ini penggelapan, bisa dikenai pidana, ujar Profesor Kallo.

“Kami telah memiliki bukti otentik baik CD, foto money politik dan surat keterangan dari masyarakat” harapan kami agar pihak Bawaslu menindaklanjuti laporan kami ini dan ini menjadi preseden baik penegakan hukum bila ini dilaksanakan, syukur alhamdulillah pihak Bawaslu menanggapi laporan ini dan kami besok tanggal 2 Agustus 2018 ke kantor Bawaslu Sumut, lanjutnya menutup keterangan persnya.

Pilkada Kabupaten Palas ini dilaksanakan tanggal 27 Juni 2018, dimenangkan pasangan calon No 2 Alisutan Harahap-H.Ahmad Zarnawi Pasaribu memperoleh suara 66.464 suara, sementa itu kandidat no 1 Tondi Roni Tua-Syafruddin Hasibuan suara yang diraih sebesar 32.166 suara dan kandidat paslon no.3 memperoleh suara 18.084 suara.(wol/devi)

Editor: RIDIN

Check Also

Gubsu Akan Angkat Plh Kadistamben Sumut

MEDAN, WOL – Gubernur Sumatera Utara, H Tengku Erry Nuradi, akan mengangkat pajabat pelaksana harian ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: