Home / Fokus Redaksi / Tengku Erry Dinobatkan Jadi Bapak Peduli Bencana
WOL Photo

Tengku Erry Dinobatkan Jadi Bapak Peduli Bencana

MEDAN, WOL – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi dinobatkan sebagai ‘Bapak Peduli Bencana’ saat meresmikan gedung baru kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara (Sumut) di Jalan Medan-Binjai Km 10,3, Jumat (9/3).

Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis menyebutkan penobatan Bapak Peduli Bencana didasari oleh beberapa faktor dan indikator sejumlah peningkatan pelayanan dan penanganan kebencanaan tingkat provinsi.

Faktor tersebut diantaranya mengalokasikan anggaran pembangunan kantor, menjalin kerjasama dengan Basarnas yang kemudian menyediakan helikopter yang siaga untuk penanganan kebencanaan, membentuk BPBD yang kini ada di 33 kabupaten/kota, penanganan pengungsi erupsi Gunung Sinabung di huntara maupun huntap sehingga tidak ada lagi yang berada di tenda pengungsian.

“Atas kepedulian Bapak Gubernur (Tengku Erry Nuradi), kini sudah ada kerjasama dengan Politeknik Negeri Medan (Polmed) membuka jurusan Kebencanaan, sekaligus memberikan beasiswa bagi kabupaten/kota yang mau mengirimkan mahasiswa, karena ini memang langka,” sebut Riadil.

Riadil juga menjelaskan, ada tujuh gedung yang diresmikan Gubernur yang ditandai dengan penandatanganan prasasti untuk Gedung Kantor BPBD Sumut, Media Center dan Posko, Basecamp Satgas TRC, Klinik Kesehatan, Musala Al Muawaffiqin, Hanggar Kendaraan serta Gudang Logistik.

“Dari gedung utama, kita juga ada fasilitas Command Center (Pusat Komando) untuk memantau sekaligus pusat komunikasi kepada BPBD di kabupaten/kota dan ke pusat. Kita juga akan menempatkan CCTV di beberapa titik yang rawan bencana. Sehingga ketika terjadi bencana, kita dapat laporan cepat melalui sambungan ini (video call),” jelasnya.

Tengku Erry Nuradi dalam sambutannya mengatakan bahwa kesiapsiagaan menghadapi bencana menjadi penting mengingat potensi dan resiko bencana yang ada di Sumut cukup tinggi. Sehingga kondisi kantor BPBD yang sebelumnya memprihatinkan, dipandang perlu mendapat perhatian.

Sehingga, pada anggaran tahun lalu, dialokasikan dalam APBD Sumut untuk renovasi total gedung yang ada.

“Baru ini Kantor BPBD Sumut representatif dan membanggakan kita semua. Dengan begini, maka kita harapkan semangat kerja juga akan semakin baik. Kemudian sumber daya manusia (SDM) yang baik, juga harus punya sense of belonging. Karena sekalipun pintar, kalau tidak punya rasa memiliki, maka tidak juga bagus,” sebut Erry.

Erry mencontohkan bahwa kondisi erupsi Gunung Sinabung yang pada bulan lalu baru terjadi cukup besar, bisa saja diusulkan kepada pemerintah pusat agar dijadikan bencana nasional. Namun menurutnya, selama masih bisa provinsi dan kabupaten menangani sendiri, maka tidak perlu diserahkan ke tingkat pusat. (wol/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

Walau Diterpa Badai, Jamaah Haji Sumut Tetap Bersemangat

MEKAH, Waspada.co.id – Jamaah haji Sumatera Utara khususnya Kloter 12 Embarkasi Medan tetap khusyuk menjalani ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: