_
Home / Sumut / Tengku Erry: Abdullah Eteng Tokoh Cerdas, Tegas, Idealis, dan Merakyat
foto: istimewa

Tengku Erry: Abdullah Eteng Tokoh Cerdas, Tegas, Idealis, dan Merakyat

DELISERDANG, Waspada.co.id – Untuk kesekian kalinya, mantan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi berkunjung di kediaman keluarga Almarhum Abdullah Eteng di Jalan Medan – Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, Selasa (4/12).

Di kediaman tokoh Sumatera Utara tersebut, Tengku Erry disambut putri tertua almarhum, Hj Kemalawati AE, juga Ketua BKOW Provinsi Sumut, bersama suami, Sudaryanto. Hadir pula tokoh dari sejumlah organisasi perempuan seperti Cut Lindawati, Rohani Said dan Julia Tarigan.

Seperti diketahui, Abdullah Eteng merupakan tokoh PNI yang pernah menjabat tiga bupati di Sumut, yakni Bupati Asahan, Karo, dan Deliserdang sekitar tahun 1940-an hingga 1960-an. Almarhum juga pernah duduk di kursi DPR RI.

“Sudah lama saya tidak bersilaturahim, terakhir saat saya masih menjabat Wakil Gubernur, kami datang kemari,” ucap Tengku Erry, caleg DPR RI nomor urut 2 Dapil Sumut 1 (Medan, Deliserdang, Serdang Bedagai, dan Tebingtinggi) dari Partai NasDem ini.

Erry menyebutkan almarhum Abdullah Eteng merupakah salah satu putra terbaik Sumatera Utara yang layak menjadi inspirasi bagi generasi muda. Dalam perjalanan hidupnya, Abdullah Eteng berperan dalam perjuangan mengusir penjajah Belanda dengan memimpin Gerakan Rakyat Indonesia (Gerindo) Cabang Asahan tahun 1938 hingga 1942.

Almarhum juga sebagai jurnalis yang gigih dan idialis di Harian Sinar Deli tahun 1938-1942 dan sempat menjabat sebagai Pemimpin Redaksi (Pemred) Mingguan Suara Rakyat di Tanjungbalai tahun 1945-1946.

Pada jaman penjajahan Jepang, Abdullah Eteng memimpin Latihan Militer Pemuda Pergerakan Hunung Rintis (Kenkoku Taisin Tai) Asahan dan Labuhanbatu (1944-1945) yang setelah merdeka berubah nama menjadi Napindo. Setelah kemerdekaan diproklamirkan, Abdullah Eteng mengorganisir pemuda, buruh tani serta menjadi Laskar Rakyat.

“Salah satu fokus perjuangan almarhum Abdullah Eteng adalah seputar persoalan pembebasan tanah. Perjuangan Almarhum ini layak diteruskan generasi muda saat ini. Almarhum merupakan tokoh politik yang cerdas, tegas, idealis, dan merakyat. Ini mengalir pada anak pertamanya yakni ibu Kemalawati,” tandas Erry.

Kemalawati sendiri menyambut bak kedatangan Tengku Erry Nuradi. “Pak Erry ini merupakan orang yang sangat menghargai dan tidak lupa atas jasa-jasa para pendahulunya. Ini yang patut ditiru generasi muda saat ini,” tutur Kemalawati. (wol/data2)

Editor: Agus Utama

适适

Check Also

Erry Ajak Koalisi Pendukung Jokowi-Ma’ruf Kerja Keras

MEDAN, Waspada.co.id – Penasehat Tim Kampanye Joko Widodo – Ma’ruf Amin Sumatera Utara (Sumut) juga ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.