Home / Sumut / Target Pertumbuhan Ekonomi Sumut Tahun 2020: 5,4 %
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Target Pertumbuhan Ekonomi Sumut Tahun 2020: 5,4 %

MEDAN, Waspada.co.id – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekda Provsu), Dr Hj R Sabrina MSi, mengatakan pertumbuhan ekonomi Sumut tahun 2020 ditargetkan sebesar 5,4 %. Hal tersebut disampaikannya saat konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumut tahun 2020 di Tiara Convention Center Medan, Senin (18/3).

Selain itu, tahun 2020 juga ditargetkan penurunan angka pengangguran terbuka menjadi 5,4 %, penurunan angka kemiskinan menjadi 8,43 %, IPM meningkat menjadi 71,67, dan gini rasio 0,320. Target tersebut tertuang dalam Rancangan RKPD Sumut tahun 2020 yang mengusung tema ‘Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing Pembangunan Sumatera Utara yang Bermartabat’.

Dalam rangka pencapaian sasaran utama tersebut, Sabrina mengatakan dilakukan melalui serangkaian program unggulan. Yaitu, di bidang pendidikan, program unggulan diarahkan kepada mewujudkan masyarakat terpelajar, berkarakter, cerdas berdaya saing, dan mandiri.

Bidang kesehatan diarahkan kepada terwujudnya kesehatan masyarakat yang prima dengan sasaran peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Bidang ketenagakerjaan diarahkan kepada terwujudnya penyediaan lapangan pekerjaan dan kesempatan berusaha.

“Hal tersebut dilakukan melalui upaya terobosan dalam peningkatan kompetensi dan daya saing SDM ketenagakerjaan dengan pengembangan sarana prasarana pendukung latihan kerja,” ujar Sabrina.

Di bidang infrastruktur, diarahkan kepada terwujudnya peningkatan daya saing infrastruktur dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan antar wilayah. Di bidang pertanian dan pariwisata, diarahkan terwujudnya pencapaian ketahanan pangan.

“Dengan sasaran pencapaian target produktivitas komoditi pangan utama, yaitu padi, sebesar 8 ton per hektar, dan meningkatnya kesejahteraan petani. Untuk di bidang pariwisata ditargetkan kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 500 ribu orang di tahun 2023,” kata Sabrina.

Pada kesempatan tersebut, Sekda juga menyampaikan agar semua tahapan penyusunan RKPD dilalui sesuai prosedur. Konsultasi publik, katanya, merupakan bagian dari rangkaian proses perencanaan pembangunan yang dilaksanakan di daerah.

“Kegiatan ini sangat penting artinya dalam rangka menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan Sumatera Utara tahun 2020,” ujar Sabrina.

Selanjutnya, Sekda menyebut pendekatan penyusunan RKPD tahun 2020 dilakukan dengan perkuatan kebijakan ‘money follow program priority’. Program tersebut dilaksanakan dengan pendekatan tematik, holistik, integratif, dan spesial. (wol/aa/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Gubsu Apresiasi Antusiasme Warga Binaan Lapas

MEDAN, Waspada.co.id – Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta Medan turut ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: