_
Home / Sumut / Tapanuli Utara Sukses Selenggarakan Bulan Bhakti Sosial IBI-KB-Kesehatan

Tapanuli Utara Sukses Selenggarakan Bulan Bhakti Sosial IBI-KB-Kesehatan

TARUTUNG, Waspada.co.id – Demi peningkatan kualitas pelayanan KB dan Kesehatan kepada masyarakat, sekaligus sebagai upaya menurunkan fertilitas serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tapanuli Utara, Ikatan Bidan Indonesia Cabang Tapanuli Utara, dan Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara mengadakan kegiatan Momentum Bulan Bhakti Sosial IBI-KB-Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai Januari – Mei 2019 dan puncaknya pada tanggal 16 Mei 2019 lalu di RSUD Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara. Kegiatan puncak ini dirangkai dengan kegiatan MOW/MOP yang mencapai 50 akseptor dengan total pencapaian selama rangkaian kegiatan momentum bulan Januari s/d Mei 2019 sebanyak 601 akseptor MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang).

Bupati Tapanuli Utara yang diwakili oleh Asisten Setdakab Tapanuli Utara, Drs. Parsaoran Hutagalung, dalam arahannya mengungkapkan bahwa pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan pada hakikatnya merupakan posisi strategis untuk mewujudkan kemajuan, kemandirian, dan kesejahteraan masyarakat.

“Hal ini pada gilirannya akan mewujudkan visi pembangunan kabupaten kita yakni Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan dan lumbung sumber daya manusia yang berkualitas serta tujuan wisata,” jelasnya.

“Bulan Bhakti IBI-KB-Kesehatan Tingkat Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2019 merupakan upaya mendekatkan aksesbilitas pelayanan KB kepada masyarakat khususnya yang berada di desa sangat terpencil, terpencil dan perbatasan melalui pelayanan KB Mobile,” tambahnya.

Menurutnya, kegiatan ini tidak mungkin terlaksana tanpa kerjasama yang baik antara petugas dan stakeholder yang terkait dengan pelayanan KB, baik bidan, kader maupun PLKB serta organisasi terkait. “Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terkait,” ujarnya.

Ditemui terpisah, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara, Drs. Temazaro Zega MKes, menekankan bahwa keberhasilan program KKBPK di Sumatera Utara tidak lepas dari kerjasama yang baik dari semua pihak yang terkait.

“Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Sumatera Utara, OPD KB Kabupaten se-Sumatera Utara, Ikatan Bidan Indonesia, dan Dinas Kesehatan merupakan mitra kerja yang sangat menunjang dalam meningkatkan kualitas program KKBPK dan kesehatan, oleh sebab itu BKKBN secara berkesinambungan akan terus bergandeng tangan serta bersinergi dengan petugas dan seluruh stake holder terkait demi memajukan program KKBPK di Sumatera Utara,” pungkasnya. (wol/rls/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

BKKBN Sosialisasikan Program Lini Lapangan di Desa Tanjung Sialang

MADINA, Waspada.co.id – Melaksanakan sosialisasi Program Lini Lapangan, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumut mengunjungi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.