Home / Sumut / Syahrial Wajibkan Masyarakat Hidup Sehat
foto: WOL Photo

Syahrial Wajibkan Masyarakat Hidup Sehat

TANJUNGBALAI, WOL– Dinas Kesehatan Kota Tanjungbalai memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah, Minggu (12/11). Acara diawali gerak jalan santai dan dibuka langsung oleh Wali Kota Tanjungbalai, HM Syahrial.

Wali Kota Tanjungbalai menyampaikan peringatan HKN ke-53 menjadi momentum mendukung hidup sehat dan keluarga sehat, sehingga mewujudkan Kota Tanjungbalai yang sehat dan sejahtera.

Dalam HKN Ke-53 bertemakan “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”, dikatakan tema tersebut sejalan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Selain itu, program ini juga didukung oleh program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat.

“Melalui dua program ini, Dinas Kesehatan Kota Tanjungbalai dapat membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, demi menciptakan masyarakat yang produktif yang dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional,” katanya.

Syahrial menuturkan peringatan Hari Kesehatan Nasional juga menjadi momentum kepada seluruh insan kesehatan merefleksi kembali keberhasilan upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan baik promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat kesehatan bangsa.

“Sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor, dalam melaksanakan pembangunan kesehatan,” tuturnya.

“Saya berharap kegiatan ini dapat ditingkatkan untuk tahun depan, sehingga dapat mengampanyekan pola hidup sehat dalam keluarga menuju kota tanjungbalai yang sehat dan sejahtera,” harap wali kota termuda se Indonesia tersebut.

Peringatan HKN ke-53 ini juga dilaksanakan berbagai kegiatan di antaranya senam peregangan kreasi, lomba merangkai buah dan sayur, lomba tarik tambang, kegiatan IVA Test yang diikuti 205 peserta di seluruh puskesmas se Kota Tanjungbalai dan bakti sosial sunat massal.

Rangkaian senam masal Germas tersebut juga ditandai kampanye makan buah dan sayur, bazar buah dan sayur, deteksi kesehatan serta kampanye dan deklarasi komitmen bersama tolak penyalahgunaan obat. (wol/lvz/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Kampanye Negatif Hambat Kemandirian Energi Nasional

MEDAN, Waspada.co.id – Berbagai proyek pembangunan pembangkit berbasis energi terbarukan untuk kemandirian energi nasional terancam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: