_
Home / Sumut / Sumut Sangat Butuh SDM Pariwisata
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Sumut Sangat Butuh SDM Pariwisata

MEDAN, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) gencar mengembangkan pariwisata, apalagi Danau Toba masuk menjadi destinasi super prioritas dari pemerintah. Sumut pun butuh sumber daya manusia (SDM) pariwisata yang mampu mengembangkan potensi wisata tersebut.

“SDM yang ahli di bidang pariwisata seperti kalian ini sangat dibutuhkan di Sumut ini,” ujar Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi mendampingi Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pada Sidang Senat Terbuka Politeknik Pariwisata Medan Wisuda XXI Program Diploma 4 Sarjana Terapan Pariwisata dan Program Diploma 3 Ahli Madya Pariwisata di Hotel Santika Dyandra Medan, Kamis (18/7).

“Saya mau nanti SDM kita yang menguasai sektor-sektor pariwisata, SDM lokal kita. Ini adalah salah satu bentuk cinta kita pada daerah kita. Jangan yang punya kita, tapi yang kerja malah orang luar Sumut semua. Untuk itu, terapkan ilmu kalian itu,” kata Edy.

Menpar Arief Yahya juga menegaskan hal yang sama, bahwa SDM pariwisata sangat dibutuhkan. Saat ini, dikatakan para lulusan berada di track yang benar karena pariwisata adalah sektor yang terus menerus menunjukkan perkembangan yang baik. Para lulusan diminta bangga karena sektor tersebut banyak menyumbang devisa negara.

SDM yang menguasai digital menjadi salah satu kriteria yang dibutuhkan saat ini. Karena sektor pariwisata telah memasuki Tourism 4.0, di mana fokus strateginya adalah penggunaan digital dan pemberdayaan generasi milenial.

“Generasi milenial itu ya kalian-kalian ini, saya doakan kalian lah nanti yang menjadi GM di resort-resort wisata Danau Toba yang akan segera menjadi Bali baru,” tuturnya.

Direktur Politeknik Pariwisata Medan, Dr Anwari Masatip, mengatakan jumlah Angkatan XXI yang mengikuti wisuda berjumlah 363 orang, dengan rincian 37 orang Diploma IV dan 326 orang Diploma III. Dari semua total mahasiswa tersebut, 77 % telah diterima dan bekerja sebelum lulus serta sisanya dalam proses menunggu kabar.

Mengangkat tema “Qualified and Competitive Graduates in Digital Tourism 4.0 Era”, Anwari berharap para wisudawan akan menjadi lulusan yang unggul, berdaya saing, diterima sekaligus menjadi pelopor di tengah industri pariwisata digital 4.0. Selain itu, juga memberi inovasi untuk pengembangan pariwisata di Sumut yang menjadi salah satu destinasi wisata prioritas nasional. (wol/aa/data1)

editor AUSTIN TUMENGKOL

适适

Check Also

Gubsu Dukung Ulos Jadi Warisan Dunia

JAKARTA, Waspada.co.id – Ulos merupakan salah satu hasil tenun yang indah dan buah pikir atau ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.