Home / Sumut / Sudah Empat Pejabat Daftar Calon Sekdaprovsu
Kepala BKD Sumut, Kaiman Turnip. (WOL Photo)

Sudah Empat Pejabat Daftar Calon Sekdaprovsu

MEDAN, WOL – Pendaftaran calon pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) tinggal tiga hari lagi sejak dibuka lelangnya pada 29 Februari 2018 lalu.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumut Kaiman Turnip hingga Selasa (6/3), sudah empat pelamar yang mendaftar ke sekretariat panitia seleksi (pansel) di Kantor BKD Provsu. Begitupun Kaiman mengaku tidak mengetahui siapa-siapa yang mendaftar.

“Yang saya dengar sudah ada yang mendaftar empat orang. Tapi nama-namanya belum bisa disampaikan karena saya lagi di Jakarta,” ujar Kaiman yang dihubungi melalui telepon selulernya.

Dikatakan Kaiman, pendaftaran lelang jabatan ditutup hingga 9 Maret 2018 mendatang. Sedangkan pengumumnya siapa saja yang ikut dalam lelang jabatan pada 16 Maret.

“Nantikan diumumkan siapa-siapa yang mendaftar. Direncanakan pada tanggal 16 Maret diumumkan siapa saja yang mendaftar,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut Kaiman juga menambahkan bahwa pengumuman seleksi terbuka Sekdaprovsu tersebut sudah diumumkan melalui situs sumutprov.go.id. Dan informasi ini telah dapat diketahui oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh Indonesia. Oleh karenanya menurut Kaiman kecil kemungkinan mimimnya pelamar karena alasan kurangnya sosialisasi atau informasi kepada para pelamar.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Provsu Ibnu S Utomo mengatakan bahwa Pemprovsu melalui BKD Sumut sifatnya hanya membantu persoalan administrasi seperti halnya menerima pendaftaran semata. Sedangkan untuk Panitia Seleksi (Pansel) tidak satupun ASN Pemprovsu yang terlibat. Dari lima Pasnel, dua diantaranya dari Sumut namun diluar ASN yakni Mantan Sekda Prov Sumut Muhyan Tambuse dan Akadimisi dari USU Prof Subhilhar.

“Panselnya tiga dari pusat yakni dari BKN, Menpan RB dan Setneg. Yang dari Sumut dua satu Pak Muhyan Tambuse dan Pak Subhilhar dari USU. Jadi kita hanya membantu administrasinya saja. Mereka nanti yang menguji calon-calon Sekda itu di Medan,” ujar Ibnu S Utomo sembari mengatakan kalau pendaftaran tersebut secara terbuka untuk seluruh ASN yang ada di Indonesia. Bahkan menurutnya beberapa nama dari Kementerian ada yang akan mendaftar.

“Ini kan terbuka untuk seluruh ASN di Indonesia. Jadi tidak hanya ASN dari Sumut saja. Saya dengar-dengar ada ASN kita dari pusat yang berencana mendaftar,” ujar Ibnu namun enggan membeberkan siapa pejabat tersebut.

Sebelumnya Gubernur Sumut Erry Nuradi mengaku kalau dirinya sangat senang jika lelang terbuka jabatan Sekdaprovsu nantinya akan banyak diikuti pelamar. Bahkan Erry mengaku sepenuhnya menyerahkan kepada proses seleksi oleh Timsel.

“Semua pejabat teras yang telah memenuhi syarat, terutama yang golongan IV/d dan telah memiliki jam terbang tinggi di eselon II, silahkan mendaftar ikut lelang. Saya sepenuhnya menyerahkan prosesnya pada mekanisme lelang. Tidak ada calon unggulan atau pendamping, semuanya punya peluang sama,” tegas Erry.

Terkait masih minimnya yang mendaftar Erry mengaku tetap optimis kalau menjelang berakhirnya pendaftaran akan banyak pelamarnya. “Kayaknya mereka masih saling menunggu. Kemungkinan menjelang ‘deadline’ pendaftaran, tanggal 9 Maret baru akan banyak mendaftar,” ujarnya.

infomasi Waspada Online menyabutkan, sejumlah nama pejabat eselon II dari Pemprovsu seperti Kadis Kominfo Sumut H Fitriyus, Kepala Dinas Pendidikan Sumut H Arsyad Lubis, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumut Aspan Sopian Batubara dan  Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Sumut H Sarmadan Hasibuan, Kadis Pariwisata Sumut Hidayati, digadang-gadangkan akan bertarung dalam seleksi tersebut. Termasuk juga mantan pejabat Pemprov Sumut yang kini menjabat eselon I Pusat Hj Sabrina juga dikabarkan akan mengisi bursa pencalonan Sekdaprovsu. (wol/data2)

Editor:RIDIN

Check Also

Mulai 1 November ASN Pemprovsu Pakai e-Absensi

MEDAN, Waspada.co.id – Terhitung mulai 1 November 2018 Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) akan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: