Home / Sumut / Sosialisasi Program Lini Lapangan BKKBN Kali Ini di Panyabungan
WOL Photo

Sosialisasi Program Lini Lapangan BKKBN Kali Ini di Panyabungan

MADINA, Waspada.co.id – Melaksanakan sosialisasi Program Lini Lapangan, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumut mengunjungi Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Turut serta dalam kegiatan itu, anggota DPR RI Komisi IX Dr Saleh Pataonan Daulay, perwakilan BKKBN Sumut Dra Rabiatun Adawiyah, BKKBN Madina, Dra Warsih Priyatni, Kepala Desa Suka Ramai Kecamatan Panyabungan Kabupaten Madina, Zulfikar.

Dalam kesempatannya, Saleh mengatakan ada tiga pembanguan strategis yang menjadi prioritas yang harus terus lakukan yaitu pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, dan pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Sasaranya bukan pembangunan fisik tetapi juga pembangunan non fisik yang tujuan akhirnya peningkatan kualitas keluarga,” ujarnya di hadapan peserta yang hadir.

Saleh juga mengatakan idealnya usia pernikahan yakni perempuan 21 tahun dan laki-laki 25 tahun. “Biasanya usia 20 tahun perempuan sudah sehat rahimnya untuk melahirkan,” ujarnya.

Sementara itu perwakilan BKKBN Sumut, Rabiatun Adawiyah dalam kesempatan mengatakan bahwa saat ini BKKBN fokus meningkatkan kualitas hidup masyarakat menuju Indonesia sejahtera dengan sasaranya adalah keluarga.

“Tujuan program ini untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat, mendekatkan pelayanan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Tentunya dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat dan penguatan fungsi keluarga yang dilakukan terintegrasi lintas sektor,” imbuhnya.

Menambahi, BKKBN Kabupaten Madina Dra Warsih Priyatni mengatakan kalau hal ini sejalan dengan program kampung KB yang sedang dicanangkan pemerintah untuk menekan angka laju pertumbuhan penduduk sekaligus program pemerataan kesejahteraan. “Kegiatan ini memang selayaknya didukung, sebab masyarakat harus tau kualitas hidup untuk agar lebih sejahtera dan sehat,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Sukaramai, Zulfikar, mengaku senang dengan adanya kegiatan sosialisasi lini lapangan keluarga berencana ini. Menurutnya, menjadi suatu keharusan bagi desanya untuk menjalankan program yang dicanangkan pemerintah.

“Kami cukup senang, karena desa kami bisa menjadi role model untuk berjalannya program Lini Lapangan untuk membantu agar masyarakat bisa lebih sejahtera,” ungkapnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Tingkatkan Kinerja Kualitas SDM, Pemerintah Lakukan Ini

JAKARTA, Waspada.co.id – Meningkatkan kinerja peningkatan kualitas SDM Indonesia. Pemerintah akan menggunakan Indeks Sumber Daya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: