Home / Sumut / Sofyan Tan: Pariwisata Masa Depan Generasi Millenial
Foto: Waspada.co.id

Sofyan Tan: Pariwisata Masa Depan Generasi Millenial

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota DPR RI Komisi X, dr Sofyan Tan, mengatakan pariwisata adalah masa depan generasi millenial.

Generasi milenial harus melihat pariwisata sebagai peluang usaha yang sangat menarik dan menguntungkan, bukan sekadar penikmat.

“Inilah masa depan bagi generasi milenial dan mereka harus menjadi pelopor juga dalam mendorong pariwisata, peluang usahanya besar,” tuturnya sambutan dan materi pada Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan, Pariwisata Goes to Campus di Kampus Akademi Manajemen Informatika Komputer (AMIK) Medan, Jumat (31/8).

Hari ini para peserta diharapkan bukan hanya membantu promosi, tapi juga harus mampu menjadi entrepreneur pariwisata dengan memanfaatkan teknologi informasi. Bisa bekerja di mana saja dan berkreativitas tanpa batas.

“Perlu diketahui bahwa generasi millenial dipercaya akan membawa perubahan dan menjadi kekuatan ekonomi baru di Indonesia maupun dunia. Mereka membawa pengaruh besar karena mendominasi dalam perubahan gaya hidup seperti mulai dari cara berkomunikasi, cara berinteraksi melalui jejaring sosial, transaksi pembayaran, hingga modal bisnis baru yang kreatif. Itu terjadi karena generasi milenial sangat akrab dengan teknologi digital,” jelasnya.

Wisatawan milenial juga telah merajai dunia pariwisata. Turis muda berusia 20-35 tahun punya gaya unik tersendiri dalam berwisata dan travelling. Karena itu hanya sesama generasi milenial yang dapat menangkap peluang tersebut.

Kasubbid Pengembangan SDM Kepariwisataan Kementerian Pariwisata, Robby Hasan, mengaku senang bisa menggelar program Pariwisata Goes to Campus di AMIK Medicom.

“Karena telah mendapat sambutan luar biasa bersemangat dari ratusan mahasiswa yang sangat antusias sejak mendaftar hingga menunggu acara dimulai dengan tertib,” ucapnya.

Dipilihnya AMIK Medicom sebagai lokasi pelatihan dasar SDM kepariwisataan sudah sangat tepat. Sebab promosi pariwisata saat ini sangat berkaitan erat dengan teknologi informasi.

“Apa hubungannya dengan teknik informatika? Tentu banyak sekali hubungannya dengan pariwisata. Itu nanti yang akan dijelaskan,” ujarnya.

Ketua Yayasan Pendidikan Nasional Medicom, Reinhard Silalahi, mengatakan sangat bersyukur dipilihnya AMIK Medicom di antara ratusan kampus yang ada di Medan.

“Terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan khususnya Pak Sofyan Tan sebagai Anggota DPR RI Komisi X,” tambahnya.

“Kami memang selalu bersungguh-sungguh dalam melakukan apapun, termasuk dalam menyukseskan Pariwisata Goes to Campus oleh Kementerian Pariwisata,” pungkasnya.(wol/eko/data2)

Check Also

Menteri LHK: PLTA Batangtoru Tidak Ganggu Orangutan

JAKARTA, Waspada.co.id -Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, tidak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: