Breaking News
Home / Sumut / Soal Upah Buruh, Pemprov Ikut Aturan PP
WOL Photo/Ridin
WOL Photo/Ridin

Soal Upah Buruh, Pemprov Ikut Aturan PP

MEDAN, WOL –  Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut), tetap mengacu kepada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan dalam menetapkan upah buruh.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Utara, Bukit Tambunan menjawab wartawan di Kantor Gubsu usai menerima demo buruh, Senin (17/10).

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, tegas Bukit Tambunan, harus patuh terhadap peraturan perundang-undangan, karena negara kita ini negara hukum. Jadi, tegas Bukit, Pemprov Sumut tidak boleh menyimpang dari peraturan itu, karena itu adalah peraturan pemerintah.

“Jadi kita di Sumut tetap mengacu pada PP Nomor 78/2015,” ujar Bukit Tambunan seraya menegaskan sampai sekarang belum ada dicabut PP 78 itu, masih tetap berlaku.

Menurut Bukit, walaupun ada tuntutan dari buruh agar tidak menggunakan PP Nomor 78/2015 dalam menetapkan upah, tetap akan dilaporkan keadaan ini kepada pemerintah pusat.

“Tuntutan ini akan disampaikan kepada pemerintah pusat, bahwa mereka menginginkan bagaimana supaya upah itu bisa dinaikkan,” kata Bukit Tambunan.

Sebagaimana diketahui siang tadi telah terjadi unjuk rasa dari buruh di Kantor Gubernur Sumatera Utara yang tergabung dalam Gabungan Serikat Pekerja/Serikat Buruh Indonesia (GAPBSI).

Dalam menyampaikan aspirasinya, buruh menolak penetapan UMK tahun 2017 berdasarkan Formula PP 78/2015 dan tetapkan UMK tahun 2017 berdasarkan nilai real Kebutuhan Hidup Layak (KHL) melalui survey pasar oleh Dewan Pengupahan.(wol/rdn/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

foto: abc

Katy Perry Janji Jadi Juri Idol Baik Hati

LOS ANGELES, WOL – Setelah hiatus hampir selama 18 bulan, American Idol siap digelar kembali ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.