Home / Sumut / Sergai rawan bencana alam

Sergai rawan bencana alam

SEIRAMPAH, WOL – Wilayah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, secara geografis termasuk daerah yang rawan bencana alam khususnya bencana banjir dan angin puting beliung.

“Atas dasar itu tentunya kita harus selalu siap siaga, termasuk pemahaman terhadap tanggap bencana,” kata Sekda Sergai Haris Fadillah di Seirampah, kemarin.

Ia mengatakan bencana alam merupakan peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat baik yang disebabkan oleh alam maupun manusia.

Sehingga dapat mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kehilangan harta benda dan dampak psikologis terhadap manusia itu sendiri.

Menurut dia, ada tiga pilar utama dalam penanggulangan bencana yaitu pemerintah yakni pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam hal ini Pemkab Sergai.

Kedua, masyarakat yaitu orang perseorangan, kelompok orang dan organisasi berbadan hukum. Yang ketiga dunia usaha yakni lembaga dan atau badan hukum yang bergerak dibidang perdagangan dan bisnis.

Selanjutnya yakni relawan yang merupakan kelompok masyarakat sebagai  perpanjangan tangan pemerintah dalam menjalankan program pengurangan resiko bencana dan juga sebagai katalisator maupun fasilitator pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

Dalam hal ini penanganan pada saat kejadian bencana dengan tujuan agar lebih cepat dan efektif guna mengurangi dampak buruk yang ditimbulkan.

Atas dasar itu, guna terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang kompeten, tanggap, tangkas, dan sigap dalam penanggulangan bencana, maka Pemkab Sergai melaksanakan  pelatihan SAR Vertical Rescue bagi TRC dan relawan dalam penanggulangan bencana. Kegiatan tersebut  dilaksanakan di Asrama Hutan Diklat Pondok Bulu Kecamatan Dolok Pangaribuan Kabupaten Simalungun.

Ia berharap melalui pelatihan itu para relawan penanggulangan bencana benar-benar memahami semua materi yang diajarkan sehingga mampu dapat diimplementasikan saat benar-benar dibutuhkan. (antara/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

BPBD Terjunkan Perahu Karet Evakuasi Korban Banjir

MEDAN, Waspada.co.id – Kondisi di beberapa lokasi di Kota Medan, Minggu (16/9) pagi terendam banjir ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: