Home / Fokus Redaksi / Semburan Erupsi Sinabung Hingga 4,5 Kilometer
BNPB/WOL Photo

Semburan Erupsi Sinabung Hingga 4,5 Kilometer

MEDAN, WOL – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi dan mengeluarkan semburan awan panas. Informasi menyebutkan letusan Sinabung hingga belasan kali dengan tinggi letusan dan luncuran awan panas hingga lebih 4 kilometer.

Badan Geologi, PVMBG pos pengamatan Gunungapi Sinabung mendata letusan terjadi pukul 11.49 WIB dengan jarak luncur tidak teramat karena tertutup abu. Angin sedang ke arah selatan tenggara. AMP 20 mm dengan lama gempa 457 detik.

Akibatnya, sejumlah sekolah di Kota Kabanjahe, Kabupaten Karo diliburkan. Hal ini dikarenakan tingginya aktivitas Gunung Sinabung. Sebagaimana disampaikan Ketua Tim Tanggap Darurat Gunung Sinabung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG),  Isadana, Rabu (2/8).

Berdasarkan data dari 19 kali semburan awan panas tersebut, kolom abu tertinggi 4,2 kilometer, sedangkan jarak luncur awan panas 4,5 kilometer. “Sejak pukul 00.00 WIB hingga 13.10 WIB  tadi, Sinabung luncurkan awan panas disertai gempa guguran sebanyak 19 kali,” tuturnya.

“Untuk Arah guguran awan panas ke Tenggara-Timur, Sukanalu, Sigarang Garang dan Gamber. Namun, semburan abu vulkanik Sinabung kali ini tidak terdampak ke Kota Berastagi, dan hanya terdampak ke Kota Kabanjahe saja,” kata Isadana.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD Karo, bahwa pihak mereka sudah membagikan masker. Dan sejumlah sekolah juga diliburkan. “Berbagai kegiatan sekolah juga dihentikan dan diminta kepada siswa untuk pulang ke rumah, mengingat aktivitas Sinabung yang tinggi,” jelasnya.

Dikatakan, karena debunya sangat berbahaya bagi pernapasan. Bagi pengendara harus pakai kacamata, khusus sepeda motor pakai masker agar terhindar dari paparan langsung debu vulkanik.

Isa juga menambahkan,  sekitar pukul 13.45 WIB dari pos pemantau PBVMBG, Gunung Sinabung masih ditutupi debu dan masih dalam kondisi gelap.

“Debu halus cukup tinggi terbawa angin. Jarak dari pos pemantau PVMBG yang berada di Kecamatan Simpangempat ke Gunung Sinabung 9 kilometer, masih tertutupi awan panas,” tambahnya.

“Terkait dengan aktivitas, hembusan abu yang sampai ke Kota Medan beberapa waktu lalu, dikarenakan hambusan angin yang cukup kencang. Namun, kali ini arah angin tidak berdampak ke Kota Medan,” pungkasnya.(wol/eko/rdn/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

VIDEO: 1 Hari Di Medan, Sandiaga Coba Serap Aspirasi Warga

MEDAN, Waspada.co.id – Kunjungan sehari di Medan, Calon Wakil Presiden, Sandiaga Uno, mencoba menyerap aspirasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: