Home / Sumut / Sekdaprovsu Tantang Purna Praja STPDN Jabatan Strategis
Foto: Waspada.co.id

Sekdaprovsu Tantang Purna Praja STPDN Jabatan Strategis

MEDAN, Waspada.co.id – Seminar Nasional dan Silaturrahim Nasional (Silatnas) Purna Praja Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Angkatan VIII berlangsung penuh kekeluargaan di Hotel Polonia Medan, Kamis (30/8) malam. Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj R Sabrina MSi pun menantang para alumni untuk bisa mendapatkan banyak jabatan strategis di daerah.

Sekdaprovsu yang hadir mewakili Penjabat Gubernur Sumut (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA, menyampaikan selamat datang kepada para alumni, baik dari dalam maupun luar provinsi. Sebagai aparatur pemerintahan, para purna praja diharapkan dapat melayani masyarakat dengan baik. Sebab jiwa kepamongprajaan sangat diperlukan untuk itu, seperti hubungan yang dilandasi dengan jiwa dan semangat kesetiaan pada profesi sebagai pamong praja, sehingga melahirkan kecintaan dan ketulusan dalam bekerja.

“Saya berharap keluarga besar Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajan (IKAPTK) terus tumbuh dan menjadi abdi negara dan abdi masyarakat yang handal, cakap dan senantiasa berhasil dalam setiap tugas,” ujar Sekdaprovsu, menyampaikan pidato Pj Gubsu di hadapan ratusan alumni STDN.

Dengan memahami masyarakat bersama segala kompleksitasnya, lanjutnya, maka tugas pamong praja adalah membimbing masyarakat ke arah kemajuan. Sebab hal itu adalah esensi dari sikap kepamongan. Karena itu pula diharapkan, penyelenggaraan pemerintahan berlangsung transparan dan dapat dipertanggungjawabkan, meningkatakan efektivitas pengawasan baik internal, eksternal, fungsional hingga yang dilakukan masyarakat. “Mari kita mulai itu dari para alumni sekolah kepamongan ini, sebagai contoh teladan bagi ASN lainnya,” pesannya.

Selain itu, Sekdaprovsu juga menantang para purna praja agar bisa mendapatkan jabatan strategis, khususnya di pemerintahan daerah. Sebab banyak diantara para lulusan, seringkali penempatan sebagai ASN berhubungan dengan keprotoolan. Sehingga posisi seperti eselon II hingga eselon I, sering diduduki ASN di luar lulusan STPDN.

“Makanya saya menantang, kalau bisa para alumni STPDN (IPDN) mendapatkan jabatan penting di pemerintah daerah,” kata Sekdaprovsu.

Sementara di penghujung kata sambutan pada acara bertema ‘Eksistensi Pamong Praja Dalam Penyelenggaraan Pemerintah Dalam Negeri’ itu, Sekda pun menyampaikan harapan kepada ratusan alumni lulusan tahun 2000 dapat menikmati masa selama tiga hari di negeri surganya pecinta kuliner.

Sementara Ketua IV (angkatan IPDN) Dewan Pimpinan Nasional IKAPTK Muhadam Labolo menyampaikan bahwa kegiatan silaturahim seperti ini biasanya digunakan untuk evaluasi sekaligus dalam rangka meningkatkan profesionalisme purna praja. Karena itu para alumni harus menunjukkan kualitas dan pelayanan yang baik.

Hadir diantaranya Ketua IKAPTK Sumut Arsyad Lubis dan Tokoh Pemuda yang juga Wakil Gubernur Sumut terpilih H Musa Rajekshah, Anggota Kehormatan IKAPTK Sumut Khairuddin Syah (Bupati Labura) serta Sekdako Binjai Mahfullah Daulay yang merupakan alumni STPDN. (wol/data2)

Editor: RIDIN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: