Home / Sumut / Sekdaprovsu Kunjungi Kediaman Tokoh Pejuang dan Veteran
Foto: Waspada.co.id

Sekdaprovsu Kunjungi Kediaman Tokoh Pejuang dan Veteran

MEDAN, Waspada.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dan mengenang jasa para pejuang yang telah bersusah payah dalam memperjuangkan kemerdekaan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) mengunjungi kediaman sejumlah tokoh pejuang dan veteran Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (18/8).

Pada kunjungan kali ini, rombongan pejabat Pemprovsu yang mewakili Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA dibagi dalam dua tim. Pertama, rombongan yang dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) R Sabrina Rombongan kedua dipimpin Asisten Administrasi Umum dan Aset Pemprovsu Zonny Waldi.

“Kedatangan kami bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan sudah sepatutnya kami berterima kasih, karena berkat Bapak lah, salah satunya, kami bisa menikmati kemerdekaan seperti sekarang ini,” ujar Sekdaprovsu Sabrina, mewakili Pj Gubsu Eko Subowo, saat mengunjungi salah satu kediaman pejuang H Muhammad Yusuf Harahap di Jalan Karya Nomor 163 Kelurahan Karang Berombak Kecamatan Medan Barat.

Kedatangan Sabrina dan rombongan disambut hangat oleh Muhammad Yusuf beserta istri di kediamannya. Meskipun sudah menginjak usia 80-an, dirinya masih aktif terlibat sebagai Sekretaris Dewan Harian Daerah (DHD) ’45 Sumut.

Dalam kunjungan, tampak rombongan Pemprovsu beramah-tamah dan berbincang santai dengan Yusuf. Tak lupa, diberikan pula tali asih sebagai bukti penghargaan dan penghormatan Pemprovsu pada Yusuf sebagai pejuang kemerdekaan.

Sabrina menyampaikan bahwa kunjungan ke kediaman sejumlah tokoh pejuang 45 dan veteran merupakan salah satu agenda rutin Pemprovsu setiap tahunnya pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI.

Selain untuk menghargai jasa-jasa para pejuang, silaturahmi juga bertujuan untuk memotivasi generasi muda agar memiliki semangat juang seperti pendahulu, melanjutkan perjuangan kemerdekaan, dan mengisinya dengan hal-hal positif.

“Bahkan di usia lanjut pun, Bapak masih terus memberikan sumbangsih melalui kegiatan pembinaan masyarakat, malu lah kami yang masih muda-muda ini. Kami berharap, agar kami-kami ini pun bisa juga seperti Bapak, memberikan sumbangsih yang bermanfaat kepada negara, mungkin dalam wujud dan bentuk yang berbeda,” ungkapnya.

Usai mengunjungi Yusuf, Sabrina dan rombongan kemudian mengunjungi salah satu anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Sumut Sumbat Sembiring yang kini berusi 88 tahun, di Jalan Helvetia Raya No. 11 Medan. Di sana, Sekdaprovsu Sabrina juga disambut dengan ramah oleh Sumbat, istri, keluarga, lurah, camat, dan tetangga sekitar.

Mendapat kunjungan tersebut, Sumbat Sembiring mengaku teramat sangat terharu. Sumbat Sembiring dan keluarga mengucapkan terima kasih kepada Sekdaprovsu dan rombongan. “Jujur saja, saya tidak bisa berhenti memikirkan saat mendapat kabar akan dikunjungi. Hari ini, saya nanti-nantikan, sangking senangnya saya undang veteran lain, anak-anak saya, para tetangga, lurah, dan camat,” tuturnya saat menerima rombongan.

Sama halnya seperti Yusuf, Sumbat Sembiring juga menerima tali asih sebagai tanda penghargaan dan penghormatan dari Pempovsu.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat Suriadi Bahar SH MH, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provsu Drs H M Fitriyus SH MSP, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dr Drs Arsyad MM, Sekretaris Dinas Sosial Provsu Barita Sihite SSos MAP, Kepala Bagian Humas Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Dra Indah Dwi Kumala, Kepala Bagian Pemsos Biro Bimkesos Setdaprovsu HM Yakub Hasibuan beserta staf, Ketua LVRI Sumut H Alauddin, Ketua DHD 45 Sumut H Nurdin Lubis, Ketua Pepabri Sumut Brigjen TNI (Purn) Ali Imran Siregar.

Sementara itu, mewakili Pj Gubsu Eko Subowo, Asisten Administrasi Umum dan Aset Pemprovsu Zonny Waldi bersama rombongan juga melakukan kunjungan ke kediaman Sumitro Ngudio Wibowo di Jalan Sei Tuan Nomor 9 Medan Baru. Pejuang berusia 91 tahun itu tampak berbaring di temani istrinya Hj Sutarsih (88 tahun) dan dua anak serta cucunya, ketika menerima rombongan Pemprovsu.

Selanjutnya, rombongan menunjungi kediaman pejuang DHD-45 Hutagaol (86 tahun) di Jalan Titipapan Gang Rezeki Nomor 7 Sikambing. Serta kediaman pejuang Mukmin Sugimin (80 tahun) di Kompleks Jalan LVRI Gang Gaharu Blok Barat Nomor 7 Medan.

“Kepribadian dan kedisiplinan para pejuang kita terdahulu yang terorganisir di wadah Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan DHD-45 Sumatera Utara perlu dicontoh,” ujar Zonny Waldi mewakili Pj Gubsu.

Kepada para keluarga pejuang dan veteran yang dikunjungi diberikan tali asih dan bingkisan, sebagai tanda penghargaan dan penghormatan dari Pempovsu. (wol/data2)

Editor: RIDIN

Check Also

HUT Ke-22 PTPN IV, PMT Dolok Ilir Lakukan Syukuran

DOLOK ILIR, WOL – Peringatan Hari Ulang Tahun PTPN IV yang ke-22 yang jatuh pada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: