Breaking News
Home / Sumut / SBSI Sumut Dukung Bukit Tambunan Calon Bupati Dairi
WOL Photo/Ridin
WOL Photo/Ridin

SBSI Sumut Dukung Bukit Tambunan Calon Bupati Dairi

DAIRI, WOL –  Federasi Media Informasi dan Grafika Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (FMIG SBSI) Sumatera Utara mendukung pencalonan Bukit Tambunan calon Bupati Dairi 2018 -2013.

Bukit Tambunan dinilai punya pengalaman di pemerintahan yang bisa jadi modal mengembangkan Dairi yang masih tertinggal jauh dibandingkan kabupaten lain di Sumut.

Ketua Federasi FMIG SBSI Sumut, Sahat Simatupang mengatakan warga masyarakat Dairi sebagai kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Aceh memiiki karakteristik yang unik. Keunikan itu antara lain karena banyak warga Dairi atau Pakpak juga bermukim di Aceh dan didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Aceh.

“Warga Dairi yang dinamis dan pandai bergaul membuat mereka bisa diterima hingga Aceh Tenggara.Itu bisa jadi modal besar untuk membangun Dairi,” ungkapnya, Minggu (7/5).

Namun sambung Sahat, ‘branded’ Dairi sebagai kabupaten penghasil kopi saat ini kalah jika dibandingkan dengan Kopi Gayo yang dikelola oleh sebagian besar parantau Dairi di Tanah Gayo Aceh Tenggara.

Wakil Ketua SBSI Sumut, Arsula Gultom, mengatakan, jika Bupati Dairi bisa menembus sekat batas Dairi dan Gayo,kemungkinan besar Kopi Dairi (Sidikalang) bisa berjaya kembali. Disisi diharapkan Bupati Dairi yang akan datang harus bisa mengikuti perkembangan teknologi industri pertanian dan perkebunan termasuk melakukan inovasi produk Kopi Sidikalang.

“Dulu kita hanya mengenal kopi hitam, namun sekarang ada White Coffie yang jadi trend kopi dunia. Bisa saja setahun atau dua tahun lagi ada inovasi kopi yang lain, namun semua itu bahan dasar nya tetap kopi,” tuturnya.

Selain ke depannya, Arsula menuturkan Bukit Tambunan juga perlu memperhatikan kelanjutan usaha tambang PT Dairi Prima Mineral  yang sempat terhenti. Jika tambang timah putih Dairi beroperasi maksimal,Gultom memperkirakan menyedot ribuan buruh tambang. Dan itu akan mendatangkan dollar untuk Dairi.

“Sehingga Bupati Dairi mendatang tak perlu bersusah payah mendatangkan pendapatan asli daerah. Cukup fokus mengembangkan kopi dan tambang, Dairi akan hebat,” tuturnya SBSI akan segera membahas pencalonan Bukit dan membentuk tim sosialisasi Bukit ke tengah-tengah warga,terutama ke kalangan buruh.

“Sesuai perintah Ketua Umum DPP SBSI, Prof Dr Muktar Pakpahan, SBSI dipersilahkan membantu calon kepala daerah dari PDI Perjuangan tersebut,” pungkas Arsula.

Diketahui sosok Bukit Tambunan merupakan pegawai negeri karir yang kenyang pengelaman. Di mulai dari pegawai rendahan hingga jadi Kepala Dinas dan Kepala Badan Kesbang Linmas Sumut serta ditunjuk jadi Penjabat Bupati Humbang Hasundutan dan Penjabat Bupati Tapanuli Tengah.

Hal tentu menjadi bukti Bukit Tambunan dipercaya memegang jabatan penting. Bukit Tambunan mendaftar sebagai bakal calon Bupati Dairi periode 2018 -2023 pada Pilkada serentak 2018 lewat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). (wol/lvz/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

WOL Photo

Komandan Marinir Apresiasi Kopda (Mar) Saiful Kadri Gagalkan Aksi Begal

MEDAN, WOL – Aksi heroik Kopda (Mar) Saiful Kadri, yang berhasil menggagalkan tindak kejahatan begal ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.