_
Home / Fokus Redaksi / Sambut Idul Fitri 1440 Hijriah, Ini Pesan Wagubsu
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Sambut Idul Fitri 1440 Hijriah, Ini Pesan Wagubsu

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah meminta semua pihak untuk siap dan waspada jelang Idul Fitri 1440 Hijriah. Hal ini diungkapkannya saat Rapat Koordinasi Penggalangan Cipta Keamanan Sumatera Utara Jelang Perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah di Ruang Rapat Fl. Tobing Lt.8, Kantor Gubernur Sumut, Selasa (28/5).

“Kita semua harus siap dan waspada menyambut Lebaran. Saya tahu, saudara-saudara sekalian sudah terbiasa menghadapi hal ini, tetapi kita tidak boleh lengah dan harus siap selalu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Musa Rajekshah saat rapat yang dihadiri, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey, Kasdam I/BB Brigjen Hassanuddin dan Kabinda Sumut Brigjen TNI Ruruh AS.

Musa Rajekshah juga berharap pihak terkait untuk memperhatikan lebih detail persiapan Lebaran, seperti menyiapkan truk derek di wilayah-wilayah rawan, alat berat di wilayah rawan longsor, kesiapan tenaga medis dan juga jalan-jalan yang dilintasi kereta api.

foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

“Kita harus lebih sigap dan detail, saya harap ada truk derek di daerah yang rawan mogok, alat berat di wilayah rawan longsor, jalan yang dilintasi kereta api. Saya lihat rel kereta api sering memperlambat laju kendaraan sehingga terjadi macat. Hal penting lainnya, tenaga medis kita. Jangan pula nanti karena siap sedia dan waspada terus menerus malah jatuh sakit yang menjaga,” katanya.

Hal lain yang menjadi perhatian Musa Rajekshah adalah listrik, menurutnya frekuensi mati lampu di Nias sangat tinggi sehingga menyulitkan masyarakat di sana terutama saat Ramadhan. Ini menjadi perhatian Musa Rajekshah karena baru saja melakukan kunjungan kerja ke Nias.

“Hampir semua kepala daerah di sana mengeluhkan mati lampu, masyarakatnya juga. Kata mereka satu hari bisa 7 kali sampai 10 kali mati lampu di sana. Tolong PLN ini bisa di atasi, ini sangat mengganggu mereka karena saat ini bulan puasa,” tegasnya.

Untuk bahan pokok sendiri Sumatera Utara cukup terjaga, berdasarkan laporan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Zonny Waldi, kebutuhan bahan pokok masih terjaga, bahkan surplus kecuali bawang merah.

Bahan pangan yang surplus antara lain beras sebesar 22.942 ton dan panen masih berjalan, minyak goreng surplus 240.271 ton, daging sapi surplus 3.716 ton, cabai merah surplus 1.113 ton. Sedangkan untuk stok gula kristal putih masih sebesar 23.00 ton, garam 26.500 ton. (wol/ags/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

Dirgahayu Sumatera Utara Ke-71: Wujudkan Sumut Bermartabat dan Sukseskan Pemilu 2019

Waspada.co.id – Rakyat Sumatera Utara (Sumut) patut besukaria. Karena di bulan April ini ada dua ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.