Home / Sumut / Sabrina Harapkan PPDB Online Gunakan Teknologi Lebih Canggih Lagi
Foto: Waspada.co.id

Sabrina Harapkan PPDB Online Gunakan Teknologi Lebih Canggih Lagi

MEDAN, Waspada.co.id – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online di tingkat Sekolah Menegah Atas Negeri (SMAN) diharapkan menggunakan teknologi informasi yang lebih canggih lagi. Sehingga lebih transparan dan tepat sasaran, sesuai dengan domisili siswa.

“PPDB Online saat ini sudah baik, tapi ke depan harus ditingkatkan lebih baik lagi, dengan menggunakan teknologi informasi yang lebih canggih,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) R Sabrina ketika meninjau pelaksanaan PPDB Online di SMAN 1 Medan, Jalan Cik Ditiro Medan, Senin (25/6). Turut hadir Kadis Pendidikan Provsu Arsyad Lubis, Kabid Pembinaan SMA Hj.Hamidah Pasaribu, Kepala Sekolah SMAN 1 Medan Suhairi, serta sejumlah guru SMAN 1 Medan.

Sabrina mengapresiasi pelaksanaan PPDB Online di SMAN 1 Medan. Dengan penerapan teknologi informasi yang canggih dalam penerimaan siswa baru tersebut, para siswa tidak lagi berbondong-bondong mendatangi sekolah untuk mendaftar. “Calon siswa baru tidak harus ke sekolah untuk mendaftar, dengan sistem online mereka bisa mendaftar dari rumah. Meski saat ini masih banyak siswa yang datang ke sekolah bersama orang tuanya,” ujar Sabrina.

Dengan menerapkan PPDB Online, kata Sabrina, penerimaan siswa baru menjadi lebih transparan dan dapat dilihat langsung hasilnya oleh masyarakat umum. Hal itu sesuai dengan saran-saran dari sejumlah instansi atau lembaga, diantaranya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Ombusman.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis mengatakan domisili merupakan nilai/bobot tertinggi untuk diterima yakni 60 persen dan 40 persen dilihat dari nilai. “Hal ini dilakukan untuk peluangan masyarakat yang di sekitar sekolah tersebut mendapatkan pendidikan tanpa harus mencari sekolah lain,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Kepala SMAN 1 Medan Suhairi. Disebutkannya, hari pertama pelaksanaan PPDB online di SMAN 1 Medan, sudah ada 100 calon siswa baru yang mendaftar dan tahun ini rencananya akan menerima 430 orang untuk 12 kelas. (wol/data2)

Editor: RIDIN

Check Also

SKTM Palsu, Puluhan Ribu Siswa di Jateng Gagal Masuk SMA Negeri

SEMARANG, Waspada.co.id – Pendaftar SMA/SMK Negeri di Jawa Tengah, yang dicoret karena ketahuan menyalahgunakan surat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: