_
Home / Sumut / Sabrina Berpesan Calhaj Jaga Nama Bangsa
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Sabrina Berpesan Calhaj Jaga Nama Bangsa

MEDAN, Waspada.co.id – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu), Dra Hj Sabrina, melepas keberangkatan 390 jamaah calon haji (calhaj) kloter 13 di Asrama Haji Medan, Kamis (25/7). Selain melaksanakan ibadah haji sungguh-sungguh, pada calhaj juga diharapkan menjaga nama baik bangsa.

“Selama menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, bapak dan ibu akan dilihat oleh masyarakat dari berbagai negara, karena itu tunjukkan pada dunia bahwa kita adalah bangsa yang disiplin, ramah, penolong, dan religius,” ujar Sabrina.

Sabrina juga memohon doa para calhaj saat sedang ibadah di Tanah Suci, agar Sumut dijauhkan dari malapetaka, seperti bencana alam dan perpecahan bangsa. Disampaikan, ibadah haji ini berbeda dengan ibadah lainnya. Haji adalah ibadah yang cukup berat dibandingkan shalat dan zakat, karena tempat melaksanakannya jauh serta iklim dan adat istiadat yang berbeda.

“Untuk itu sejak dini lakukanlah persiapan yang matang, baik itu persiapan mental maupun kesehatan agar selalu prima,”ucap Sabrina.

Kepada para petugas, Sabrina juga mengucapkan terima kasih, karena sampai saat ini belum ada hal yang mengganggu  keberangkatan para jemaah. Diakui, petugas sudah menjalankan tugas-tugasnya sampai pada kloter yang akan diberangkatkan belum ada keluhan dari para jemaah.

Sekda pun turut mendoakan para calhaj diberikan kesehatan sehingga bisa lancar melaksanakan ibadah dan jadi haji yang mabrur. Diketahui, Kloter 13 terdapat 390 calhaj yang terdiri atas 224 orang dari Kota Medan, Sibolga (66), Tapteng (84), Binjai (3), Deliserdang (3), Tapsel (1), Labuhanbatu (1), dan delapan petugas.

“Meski harus menunggu beberapa tahun, tetap semangat! Jadikan ini bentuk ketabahan dan tawakal karena itu diperlukan dalam menjalankan ibadah haji. Tetap jaga nama baik daerah dan mohon para petugas haji bisa membimbing para jamaah,” pesan Sekda Kota Sibolga, Yusuf Batubara, turut mendoakan warganya yang hendak berangkat. (wol/aa/data1)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Kunjungan Wisatawan ke Sumut Meningkat 19,71 Persen

MEDAN, Waspada.co.id –Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara mencatat jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.