Breaking News
Home / Sumut / Resmikan Jalan Tol di Sumut, Presiden Jokowi dan Tengku Erry Video Selfie
WOL Photo
WOL Photo

Resmikan Jalan Tol di Sumut, Presiden Jokowi dan Tengku Erry Video Selfie

MEDAN, WOL – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) didampingi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi, Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meresmikan ruas jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah dan jalan tol Medan-Binjai (ruas Helvetia-Binjai), pada Jumat (13/10).

Saat meninjau pintu (gerbang) tol Helvetia, Presiden Jokowi menyempatkan diri merekam video selfie (vlog) bersama Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Menteri BUMN Rini S Soemarno dan Menteri PU PR Basuki Hadimudjono. Moment foto selfie tersebut direkam Jokowi dengan kamera ponselnya. Presiden juga merekam dengan video moment di sekitar ruas jalan tol tersebut.

Ruas jalan tol yang melintasi Bandara Kualanamu-Lubuk Pakam-Teluk Mengkudu-Sei Rampah itu merupakan ruas jalan tol terpanjang di Sumatera, mencapai 42 Km, sedangkan jalan tol Helvetia-Binjai yang diresmikan sepanjang 10,46 km.

Rampungnya jalan tol ini akan mempersingkat waktu tempuh dari Bandara Kualanamu menuju Sei Rampah, sehingga diharapkan juga dapat mengurai kepadatan pada jalan nasional.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan ruas jalan tol terpanjang di luar Pulau Jawa tersebut dapat berdampak besar bagi proses distribusi barang dan jasa menjadi sangat cepat.

“Jika jalan tol semua telah tersambung, maka diharapkan dapat menurunkan biaya operasional pengiriman barang dan jasa. Penurunan biaya operasional berdampak pada penurunan harga barang, dengan begitu dapat meningkatkan daya saing,” ujar Jokowi menegaskan.

Jokowi juga mengatakan bahwa pembangunan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi diharapkan selesai seleuruhnya pada tahun 2018 sehingga bisa mendukung pengembangan Kawasan Strategis Nasional Danau Toba. “Kita harapkan dengan adanya tol ini, Danau Toba dan sekitarnya bisa menjadi kawasan pariwisata yang berkembang. Karena dari Medan-Tebing Tinggi-Toba yang sekarang (jarak tempuhnya) 4 jam bahkan 5 jam, nantinya kalau tol jadi, perkiraan hanya kurang lebih menjadi 1,5-2 jam,” ujar Jokowi.

Check Also

Istimewa

Proyek Tol Medan-Binjai Terkendala Gari Rugi Tanah

JAKARTA, WOL – Pembangunan Tol Medan-Binjai Seksi I di Kota Medan terkendala masalah ganti rugi ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.