Home / Sumut / Reses I Tahun 2018, Hinca Pandjaitan Janji Bantu Warga Karo
WOL Photo

Reses I Tahun 2018, Hinca Pandjaitan Janji Bantu Warga Karo

BERASTAGI, WOL – Anggota Komisi III DPR RI, Hinca Pandjaitan, melakukan reses tahun 2018. Kegiatan reses dengan menggelar diskusi Rembug Bangsa bersama warga Karo di Sweet Green Coffee Resto, Berastagi Kabupaten Tanah Karo Sumatera Utara, Senin (26/2).

Dalam kunjungan perorangan asal daerah pemilihan (dapil) III itu, Hinca Pandjaitan yang juga Sekjen DPP Partai Demokrat terjun menyerap aspirasi masyarakat. Pertemuan dengan kalangan aktivis, pejuang pers dan budayawan fokus membicarakan upaya perbaikan nasib pengungsi dan petani di Tanah Karo akibat dampak erupsi Gunung Sinabung yang berkepanjangan.

“Rembug Bangsa ini kita mulai dari sini. Bagaimana nasib warga pengungsi dan petani akibat letusan dan erupsi Gunung Sinabung. Harus ada langkah dan terobosan baru dari pemerintah. Kita harapkan perhatian serius pemerintah pusat maupun daerah,” tegasnya.

Dalam pertemuan penuh keakraban itu, Hinca menerima keluhan para petani akibat semburan debu panas gunung berapi. Terbukti, erupsi merusak tanaman sayur dan buah. Akibatnya, banyak petani gagal panen dan mengalami kerugian cukup banyak. Untuk meminimalisir kerugian, petani mengharapkan adanya bantuan alat penghisap debu yakni Blower. Dengan menggunakan alat itu, debu yang lengket di tanaman dapat cepat dibersihkan.

Bukan itu saja, menyangkut letusan Gunung Sinabung yang berlarut-larut terus berkepanjangan sejak tahun 2013 lalu hingga saat ini dinilai perlu ada perlakuan khusus dan serius. Dalam pertemuan itu, akhirnya disepakati menggelar doa bersama pada awal April mendatang. Dalam doa bersama nanti akan melibatkan tokoh agama. Sementara tokoh adat, khusus pada kegiatan ritual akan meminta kepada sang pencipta kiranya menghentikan letusan Gunung Sinabung.

Bahkan, saat doa dan ritual bersama nanti juga akan mengumpulkan serta mempersatukan debu vulkanik dari 9 titik gunung berapi yang ada di Indonesia. Tidak ketinggalan tanah/debu dari gunung Pusuk Buhit turut diambil dan disatukan pada ritual tersebut.

Selain itu, untuk mengenang keganasan erupsi Gunung Sinabung, komunitas budayawan di Berastagi berencana akan membuat film dokumenter. Yang nantinya film itu diputar bagi masyarakat umum sebagai pembelajaran seperti apa kekuatan alam.

Menyahuti keluhan masyarakat, Hinca Pandjaitan berjanji akan membantu dan mendukung pengadaan bantuan alat Blower pembersih debu vulkanik. Begitu juga pengumpulan debu vulkanik dari 9 titik gunung api, termasuk pengambilan tanah dari Pusuk Buhit selaku asal muasal leluhur orang Batak.

Sebelumnya mewakili warga, Nanang, menyampaikan kondisi pengungsi Sinabung saat ini cukup memprihatinkan. Seperti masalah hunian tetap, di mana pemerintah menjadikan lahan mandiri. Warga sangat berharap perhatian dan dukungan dari Hinca Pandjaitan. “Saat ini, warga butuh tidak sekedar bantuan makanan tapi juga bantuan kelangsungan pertanian,” terang Nanang.(wol/mrz/data2)

Editor: RIDIN

Check Also

Kasatlantas Tindak 8 Bus Naikkan Penumpang di Atap

MEDAN, Waspada.co.id – Satuan Unit Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Medan menindak delapan bus tujuan Medan-Berastagi. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: