Breaking News
Home / Sumut / Remigo Siapkan Aparatur Mengelola Sistem Keuangan Desa
WOL Photo
WOL Photo

Remigo Siapkan Aparatur Mengelola Sistem Keuangan Desa

SALAK, WOL – Bupati Pakpak Bharat, Dr Remigo Yolando Berutu MFin MBA, menutup secara resmi Pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), bagi Aparatur Pemerintahan Desa se-Kabupaten Pakpak Bharat sekaligus launching penerapan Siskeudes di Aula Pemkab Pakpak Bharat, Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak.

Secara resmi launching dilakukan dengan penyerahan Aplikasi Siskeudes dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara kepada Ka. Bapemas, Pemdes, PP dan KB, Drs H Tekki Angkat disaksikan Bupati Pakpak Bharat dan dilanjutkan dengan Penandatanganan Berita Acara Penyerahan Siskeudes oleh pihak BPKP dan Pemkab Pakpak Bharat.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan simulasi aplikasi Siskeudes oleh salah seorang peserta di hadapan Bupati dan hadirin, termasuk Wakil Bupati, Ir H Maju Ilyas Padang, Kapolres, AKBP Jansen Sitohang, Anggota DPRD, Serru Berutu, perwakilan BPKP Prov Sumatera Utara, Drs Daniel Purba, Kasdim 0206 Dairi dan Plt Sekda, Mester Padang, MM.

“Hal yang membanggakan, bahwa kita tidak semata-mata launching proses Siskeudes, tapi kita juga menyiapkan aparatur yang mengelola sistem keuangan ini yang mungkin belum terpikir oleh wilayah lain untuk melakukannya, termasuk melakukan simulasi Siskeudes. Ini merupakan konsistensi sikap kita akan komitmen yang tinggi untuk akuntabilitas dan transparansi,” ungkap Bupati, sesuai dengan keterangan tertulisnya, diterima Waspada Online, Selasa (24/5).

Tak lupa beliau mengingatkan agar pelatihan-pelatihan dalam rangka memberdayakan desa ini dilakukan secara berkala.

“Ini wujud dukungan kita kepada negara karena Presiden dengan program nawacita-nya yang berupaya membangun dari desa sehingga kita lagi menjadi penonton,” tambah Bupati.

Ditegaskan, setelah proses ini berjalan agar mengupayakan sinkronisasi antara APBD dengan APBDes.

“Khususnya dalam urusan anggaran dan perencanaan, kita perlu up date dalam informasi perencanaan sehingga tidak ada lagi tumpang tindih dalam pelaksanaan pembangunan dan ini menghindarkan kita dari beragam permasalahan,” tutupnya.(wol/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo

Gubsu: Dana Desa Harus Tepat Sasaran dan Sesuai Aturan

MEDAN, WOL – Peningkatan dana desa yang sangat signifikan dari tahun ketahun harus diimbangi dengan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.