_
Home / Sumut / Rebut Jabatan Sekda, Pejabat Senior Pemprovsu Harus Siap Bersaing dengan Pejabat Luar
Kepala BKD Sumut, Kaiman Turnip/WOL Photo

Rebut Jabatan Sekda, Pejabat Senior Pemprovsu Harus Siap Bersaing dengan Pejabat Luar

MEDAN, WOL – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melelang secara terbuka Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) atau Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya. Untuk itu para pejabat senior Pemprovsu yang menginginkan jabatan Sekdaprovsu harus mau bersaing dengan para pejabat lain di luar Sumut yang menginginkan jabatan Sekdaprovsu tersebut.

“Namanya lelang terbuka, ya pasti terbuka untuk semua pejabat yang ada di Indonesia yang ingin jadi sekda di Sumut,” ujar salah seorang pejabat di Pemprovsu kepada Waspada Online Minggu (9/7).

Pejabat tersebut juga mengatakan bahwa para pejabat senior Pemprovsu yang menginginkan  jabatan Sekdaprovsu, harus mempersiapkan diri dengan matang karena bisa saja banyak pejabat lain di luar Pemprovsu yang mengincar jabatan Sekdaprovsu.

“Bisa saja banyak pejabat luar yang ikut, Pansel (panitia seleksi) nya juga dari Kemendagri, jadi para pejabat Sumut yang mau ikut seleksi harus benar-benar mempersiapkan diri dengan matang,” ketusnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumut Kaiman Turnip,  mengatakan tentang  pengangkatan Sekda (JPT Madya) adalah hak penuh Kemendagri dan diatur dalam UU Nomor 11 tahun 2017 dengan sistem lelang terbuka.

“Sesuai UU nomor 11 2017 itu adalah hak Kemendagri dan di dalam pasal UU tersebut ada batasan usia untuk bisa ikut uni terbuka JPT Madia adalah dengan usia tidak boleh lebih 58 tahun,” kata Kaiman.

Sampai saat ini kata Kaiman, pihak Kemendagri  belum meminta Pemrovsu untuk membawa para pejabat Sumut untuk di uji  oleh panitia seleksi (pensel) JPT Madya Kemendagri.

“Belum ada, inilah masih dalam rencana, karena kita juga belum ada infomasi kalau pansel JPT Madya di Kemendagri sudah dibentuk, kami juga menunggu informasi dari pusat ini,” pungkasnya.

Inilah pejabat senior Pemprovsu yang digadang-gadang sejumlah elemen di Sumut untuk mengisi  jabatan Sekdaprovsu. Diantara pejabat tersebut yakni Kadis Pendidikan Arsyad Lubis, Kepala Badan Pendapatan dan Retribusi, Sarmadan, Kadiskominfo Fitrius, Kadis Lingkungan Hidup, Hidayati, Kadis Pemberdayaan Desa, Aspan  Sopian  Batubara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riadil dan Stag Ahli Ekbang , Binsar Situmorang.(wol/data1)

Editor: Ridin

Check Also

Soal e-KTP WN China Bikin Gaduh, Ini Kata Kemendagri

JAKARTA, Waspada.co.id – Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri) menyebut isu warga negara China punya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.