Breaking News
Home / Sumut / Ratusan Rumah Rusak Dilanda Puting Beliung dan Hujan Es di Karo
WOL Photo
WOL Photo

Ratusan Rumah Rusak Dilanda Puting Beliung dan Hujan Es di Karo

BARUSJAHE, WOL – Ratusan rumah warga rusak di Desa Pertumbuken, dan Bulanjulu, Kecamatan Barusjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, akibat diterjang puting beliung dan hujan es, Senin (12/6) sore.

WOL Photo
WOL Photo

Akibatnya, ratusan jiwa terpaksa mengungsi ke jambur (balai pertemuan, red), karena rumah mereka mengalami kerusakan. Dimana dalam peristiwa tersebut, atap seng rumah warga mengalami kerusakan permanen dan ada yang tidak bisa diperbaiki, dan harus diganti akibat diterpa angin puting beliung dan hujan es. Bukan itu saja, beberapa pohon tumbang juga di dua desa tersebut. Dimana kerugian ditafsir mencapai ratusan juta rupiah.

“Awalnya langit sangat gelap, tiba-tiba angin bertiup dengan kencang dan berputar-putar. Tak lama setelah itu, hujan deras diikuti bongkahan es sebesar kelereng. Ngeri kali, baru ini kutengok hujan batu es sebesar itu,” ungkap R Beru Surbakti (62) salah satu warga Desa Pertumbuken, yang rumahnya juga ikut tergenang air karena atapnya jebol.

Sontak saja, hujan es dan angin kencang tersebut membuat ratusan warga dua desa panik. Sadar atap sudah hancur dan air sudah masuk ke rumah, warga berusaha menyelamatkan barang-barangnya.

“Hancur semua atap rumah warga desa ini. Untungnnya bencana ini hanya terjadi sekitar dua jam. Kalau sampai 4 jam saja, kurasa sudah habis semua rumah kami ini,” ungkap Tarigan.

Kepala Desa Pertumbuken, Waspada Sembiring, mengaku belum bisa mendata berapa rumah warganya yang terdampak bencana ini. “Sampai saat ini kami masih melakukan pendataan,” ujarnya saat dikonfirmasi Selasa (13/6).

Sementara itu, Camat Barusjahe, Kalsium Sitepu, mengatakan hingga hari ini baru dua desa di kecamatannya diketahui kena bencana.

“Datanya masih kita kumpulkan. Sejauh ini tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Baru dua desa ini yang melapor ke kita,” tukasnya.(wol)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrayani. (Foto: Okezone)

Menkeu: Basis Investor ORI Meluas

JAKARTA, WOL – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan basis investor Obligasi Ritel Indonesia (ORI) ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.