Home / Sumut / PTPN II Terus Melakukan Penataan Areal HGU
foto: istimewa
foto: istimewa

PTPN II Terus Melakukan Penataan Areal HGU

TANJUNG MORAWA, WOL – PTPN II yang diamanahkan HGU (Hak Guna Usaha) oleh Pemerintah RI telah berbenah diri dengan melakukan penataan terhadap seluruh HGU yang dikuasai oleh penggarap dan sebagai pengamanan aset negara demi kelangsungan hidup perusahaan. Hal ini disampaikan Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN II  A.H. Suharto, SH diruang kerjanya, di Kantor Direksi PTPN II Tanjung Morawa,  (11/12).

Berkaitan dengan hal itu, PTPN II juga tetap akan melakukan okupasi (pembersihan lahan) terhadap lahan yang dikuasai oknum oknum yang tidak bertanggung jawab, sehingga lahan HGU yang diamanahkan dapat dioptimalisasikan untuk ditanami komoditi andalan PTPN II seperti kelapa sawit, tebu dan tembakau,” ujar Suharto.

Suharto juga menjelaskan, saat ini areal tersebut dimanfaatkan untuk kepentingan PTPN II sejalan dengan Surat Edaran Menteri BUMN no SE-09/MBU/2009 yakni pertama, menyusun dan melaksanakan program secara sistematis untuk menata penguasaan rumah jabatan/dinas, penarikan semua aset yang dikuasai oleh orang yang tidak berhak, termasuk dengan melakukan upaya hukum yang optimal, baik secara pidana maupun perdata.

“Kedua nenyusun dan melakukan program sertifikasi atas tanah dan bangunan yang belum bersertifikat untuk memberikan kepastian dan kejelasan alas hak. Dan yang ketiga apabila direksi mengalami kendala dalam melaksanakan penertiban aset tanah dan bangunan maupun rumah dinas, agar memberikan laporan secara tertulis kepada Kementerian Negara BUMN untuk kami teruskan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi,” terang Suharto.

Ketika ditanya, upaya apa saja yang telah dilakukan untuk penataan ini, Suharto menjelaskan bahwasannya PTPN II telah melakukan pemetaan terhadap areal HGU yang akan diusahai, sehingga sangat diperlukannya okupasi.

“Dalam melakukan  okupasi kita melaksanakannya sudah sesuai dengan standard operating procedure (SOP) dari pertemuan, himbauan dan surat peringatan kepada masyarakat penggarap bahkan sudah mendirikan plank peringatan bahwa akan dilakukan okupasi, yang sebelumnya sudah beberapa kali memberikan himbauan dan peringatan baik secara langsung kepada masyarakat penggarap maupun  melalui media cetak,” ungkap Suharto.

Dalam hal ini PTPN II kata Suharto. tetap akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, sehingga dalam pelaksanaan okupasi kondisi di lapangan tetap berjalan aman dan kondusif, seperti yang sudah kita laksanakan di beberapa kebun.

“Di samping itu juga PTPN II berterimakasih kepada pihak pengamanan terkait termasuk karyawan PTPN II yang telah banyak membantu dalam pengamanan aset ini, dan ke depannya diharapkan tetap dapat kerjasama dan bersinergi dalam pengamanan asset negara,” pungkasnya. (wol)

Check Also

WOL Photo

Zainuddin Mars Resmikan Gedung Pentas Seni Yayasan Pendidikan Nurul Amaliyah

TANJUNG MORAWA, WOL, WOL – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Deliserdang H Zainuddin Mars memberikan motivasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.