Home / Sumut / Polsek Lahusa Gagalkan Peredaran 30 Liter Tuak Suling
WOL Photo

Polsek Lahusa Gagalkan Peredaran 30 Liter Tuak Suling

TELUK DALAM, Waspada.co.id – Petugas Reskrim Polsek Lahusa Polres Nias Selatan, menggagalkan peredaran 30 liter tuak suling asal Kecamatan Gido, Kabupaten Nias, yang akan dibawa ke Kecamatan Boronadu Kabupaten Nisel, Selasa (5/6).

Kapolres Nias Selatan, AKBP Faisal F Napitupulu SH SIK MH, kepada Waspada Online melalui telepon selular mengatakan awalnya timsus dipimpin Kapolsek Lahusa Iptu Catur Haryadi tengah menjalani Operasi Pekat 2018
di Jalan Lahusa, Teluk Dalam.

Petugas mencurigai 1 unit mobil Strada Triton BA 8534 BY yang membawa banyak barang di bak belakang. Ketika
kendaraan itu perintahkan berhenti dan langsung dilakukan pemeriksaan.

Setelah diperiksa, ditemukan satu jerigen yang berisi tuak suling/tuo nifaro, dengan volume sekitar 30 liter dan pengemudi mobil bersama barang bukti dibawa ke polsek tersebut.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, pengemudi mobil mengaku Natatema Halawa alias Ama Restin, warga Desa Sinar Helaowo, Kecamatan Boronadu, Kabupaten Nias Selatan, bahwasanya tuak suling tersebut dibawa dari Kecamatan Gido, Kabupaten Nias dan akan dibawa ke Kecamatan Boronadu Kabupaten Nisel.

“Setelah kita lakukan pendataan dan membuat surat perjanjian, pengemudi mobil kita pulangkan namun barang bukti 1 jerigen tuak suling kita sita sebagai barang bukti,” tegas mantan Kapolsek Medan Hevetia ini.

Lebih lanjut, Kapolres Nisel menyatakan Operasi Pekat 2018 dengan sasaran miras tuak suling/ tuo nifaro akan terus digelar di wilayah hukum Polsek Lahusa, terlebih di Bulan Suci Ramadhan, agar masyarakat dapat melaksanakan ibadah dengan aman dan nyaman dan juga Pilkada serentak lebih kondusif.

Selain Operasi Pekat, Polres Nias Selatan terus meningkatkan pengamanan baik di rumah ibadah gereja, objek vital. Gebrakan ini juga mendapat respon dari masyarakat agar Kamtibmas aman.

“Kepada warga diimbau agar jangan membunyikan petasan/mercon karena bisa menganggu umat muslim yang tengah menjalani ibadah shalat tarawil agar lebih khusuk,” pungkas Kapolres. (wol/gacok/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Polres Nias Selatan Apel Operasi Patuh Toba 2018

MEDAN, Waspada.co.id – Polres Nias Selatan  menggelar Upacara Gelar Pasukan OPS Terpusat Patuh Toba 2018 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: