Home / Sumut / Polres Nisel Musnahkan 2.755 liter Tuak Suling dan 151 Batang Ganja
WOL Photo

Polres Nisel Musnahkan 2.755 liter Tuak Suling dan 151 Batang Ganja

TELUK DALAM, Waspada.co.id – Ribuan liter minuman keras jenis tuak nias dan 151 batang tanaman ganja, dimusnahkan Petugas Polres Nias Selatan di Lapangan Orurusa Teluk Dalam, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Sabtu (28/07).

“Sebanyak 2.755 liter tuak suling atau yang lebih dikenal dengan tuo nifaro dimusnahkan. Ini merupakan hasil tangkapan Polres Nisel dan jajaran sejak bulan Mei hingga Juli 2018, di sejumlah daerah di Kabupaten Nisel. Sementara 151 batang tanaman ganja merupakan hasil sitaan dari ladang yang ditanami ganja di Desa Hilinamozaua Kecamatan Onolalu Kabupaten Nias Selatan, 12 Juni 2018 lalu. Tuak suling dimusnahkan dengan cara dituangkan ke dalam selokan, sementara batang tanaman ganja dimusnahkan dengan cara dibakar, ujar Kapolres Nias Selatan, AKBP Faisal F. Napitupulu SIK MH, kepada Waspada Online.

Dijelaskan, penertiban minuman keras di Kabupaten Nias Selatan sudah berlangsung kurang lebih selama 6 bulan. Rangkaian penertiban minuman keras diawali masa sosialisasi selama 2 bulan, dan kemudian kita lakukan penindakan selama 4 bulan. Selama masa penertiban, angka kriminalitas di Kabupaten Nias Selatan menurun sekitar 80 persen.

“Ksus kekerasan secara kuantitas menurun sekitar 28 persen. Sementara secara kualitas, korban kekerasan yang meninggal dunia dan luka berat menurun hingga 80 persen. Rata-rata kasus tindak pidana seperti penganiayaan, pengrusakan, KDRT, cabul, pemerkosaan dan pembunuhan terjadi akibat pengaruh minuman keras tuo nifaro,” ungkap Kapolres.

Ditambahkan, pihaknya sudah mengirim sample tuak suling ke Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) klKota Medan, dan hasilnya sangat mengejutkan. Tuak suling tersebut tidak layak konsumsi karena mengandung alkohol sejenis alkohol pembersih luka, yang biasa dibeli di apotik.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan, Sidi Adil Harita, mengatakan selama ini di Kepulauan Nias khususnya di Kabupaten Nias Selatan, tuak suling beredar bebas tanpa batasan. Dalam setiap acara sukacita maupun dukacita, masyarakat hampir menjadikannya sebagai budaya untuk mengonsumsi tuo nifaro tersebut.

Pemusnahan ribuan liter minuman keras tuak suling dan tanaman ganja ini digelar di sela-sela acara perayaan Hari Jadi Kabupaten Nias Selatan ke-15, dan dihadiri Bupati Nias Selatan, Wakil Bupati Nias Selatan, Ketua DPRD Nias Selatan, Danlanal Nias, Kejari Nias Selatan.(wol/gacok/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Polres Nisel Sita 250 Liter Tuak Suling

MEDAN, Waspada.co.id – Polres Nisel mengamankan 250 liter tuak suling saat melakukan patroli di kawasan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: