Home / Fokus Redaksi / Polisi Amankan 5 Pelaku Money Politic Menangkan Caleg Gerindra
WOL Photo

Polisi Amankan 5 Pelaku Money Politic Menangkan Caleg Gerindra

KABANJAHE, Waspada.co.id – Polres Tanah Karo bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karo, amankan lima orang yang diduga kuat sebagai pelaku money politic.

Dari tangan kelimanya turut disita ratusan juta uang dan kartu nama dari beberapa calon legislatif (caleg) dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Karo.

Informasi yang diperoleh Waspada Online, Selasa (16/4), awalnya Tim Satuan Tugas (Satgas) Penegakkan Hukum Terpadu (Gakumdu) Kabupaten Karo mengungkap dua tindak pidana Pemilu melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT) setelah adanya informasi adanya kegiatan yang diduga bagi-bagi uang (money politic) di daerah Tiga Binanga untuk memilih calon anggota legislatif DPR RI dan Caleg DPRD Karo yang diusung oleh Partai Gerindra.

Adapun inisial yang diamankan inisial JN (28) warga Desa Sukajulu Tiga Binanga, dan IS Kembaren (27).

“Kedua pelaku diamankan sedang membawa uang senilai Rp11,7 juta dan keduanya mengakui uang tersebut untuk pembayaran pemilihan caleg Kawar Sembiring sebesar Rp150.000, per orang, untuk caleg DPR RI Tomas Joverson Ginting sebesar Rp25.000 per orang dan Caleg DPRD Karo Indra Maha Rp50.000,00 per orang yang dijadikan satu paket menjadi Rp225.000 per orang,” ungkap Kapolres Tanah Karo, AKBP Benny R Hutajulu.

Selanjutnya, Polres Karo melakukan pengembangan di seputaran Pekan Tiga Binanga, tepatnya di Kantor Partai Gerindra, dan petugas mengamankan seorang pria berinisial JP bersama uang sebesar Rp190 juta dengan nominal uang pecahan Rp20 ribu, pecahan Rp50 ribu, dan pecahan Rp100 ribu.

“Saat diintrogasi petugas JP mengakui uang tersebut diberikan oleh Kawar Sembiring untuk dibagikan kepada para pemilihnya, dan saat ini kita juga telah mengamankan Kawar Sembiring,” jelas Kapolres.

Dijelaskan, di lokasi yang terpisah personil mendapat informasi adanya kegiatan tindak pidana pemilu di seputaran Jalan Samura, Kabanjahe dan mengamankan pria berinisial S dengan barang bukti sisa uang yang sudah terlanjur dibagikan sebesar Rp2,8 juta untuk pembayaran pemilihan Caleg dari Partai Gerindra.

“Selain uang yang kita sita untuk dijadikan sebagai barang bukti turut disita kertas bertuliskan nama-nama pemilih dan beberapa blok kartu nama atas nama Thomas Joverson Ginting, Indra Maha, Sadarta Bukit dan Kawar Sembiring yang keseluruhanya diusung oleh Partai Gerindra Kabupaten Karo,” pungkasnya.(wol/lvz/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: