_
Home / Sumut / Polemik Wagubsu, Wagirin Akan Temui Mendagri
Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman (WOL Photo/Ridin)

Polemik Wagubsu, Wagirin Akan Temui Mendagri

MEDAN, WOL – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRD Sumut) H Wagirin Arman akan segara menanyakan langsung ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo soal hasil paripurna pemilihan Wagubsu yang dilaksanaklan pada 24 Oktober 2016 lalu.

“Saat ini kami masih sibuk soal rapat anggaran, akhir bulan ini saya bersama tim akan langsung mempertanyakan ke Mendagri soal Wagubsu,” ujar Wagirin kepada Waspada Online, Kamis (19/1).

Lanjut Wagirin, DPRD Sumut telah selesai melaksanakan pemilihan gubernur sesuai petunjuk Mendagri dan hasilnya sudah kita serahkan Mendagri melalui Gubernur Sumatera Utara. “Kami hanya menunggu itu. Terjadi ada informasi masalah PTUN dan masalah Keppres yang sudah keluar, kami tentu tidak bisa mengambil inisiatif apapun secara politik. Untuk itu kami akan segera berangkat ke Jakarta mempertanyak hal itu ke Mandagri,” ujar Wagirin.

Wagirin menyebutkan, kalau Wagubsu terpilih yakni Nurhajizah mengatakan sudah ada Keppres yang keluar terkait hal tersebut di media tentu hal itu bisa dianggap benar. “Saya tidak yakin seorang Nurajizah berbohong kalau ada statement-nya telah mengetahui adanya soal Keppres. Tapi itukan keterangan dia. Kami tidak bisa menerima informasi itu sepihak,” tegas Wagirin.

Seperti diketahui DPRD Sumut telah menyelenggarakan Rapat Paripurna Pemilihan Wagubsu, sisa masa jabatan 2013-2018, Senin (24/10/ 2016) lalu, dengan calon HM Idris Lutfi yang diusulkan PKS dan Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah Marpaung yang dicalonkan Partai Hanura.

Dalam pemilihan tersebut, Nurhajizah Marpaung dinyatakan sebagai pemenang setelah meraih 68 suara dari 88 anggota DPRD Sumut yang hadir.

Sementara itu informasi yang dihimpun Waspada Online, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta, mengabulkan gugatan PKNU salah satu partai pengusung calon Gubsu dan Wagubsu menggugat Menteri Dalam Negeri Direktorat Jenderal Otonomi Daerah. Dalam putusannya, pengadilan memerintahkan dilakukannya pemilihan ulang terhadap Wagub Sumut.

Putusan PTUN Jakarta dituangkan dalam Surat Pemberitahuan Amar Putusan No.W2TUN.1.3556/HK.06/XII/2016. Putusan itu ditandatangani Panitera Pengganti PTUN Jakarta, Pardomuan Silalahi SH. (wol/rdn/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

Mahasiswa Bakar Ban, Akses Jalan sekitaran DPRD Sumut Terganggu

MEDAN, Waspada.co.id – Aksi unjuk rasa menolak hasil Pilpres 2019 di depan Kantor DPRD Sumut ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.