Home / Sumut / PLN Wujudkan Mimpi Desa Terpencil di Tobasa
WOL Photo

PLN Wujudkan Mimpi Desa Terpencil di Tobasa

TOBASA, Waspada.co.id – Akhirnya setelah menanti 20 tahun, PLN wujudkan mimpi desa terpencil di Toba Samosir.

Hal ini ditandai dengan pembangunan jaringan listrik yang dilakukan oleh pihak PLN hingga ke desa-desa terpencil di kabupaten tersebut.

Disampaikan Manajer PLN Rayon Porsea, Elfrid Pasaribu, sesuai dengan program PLN listrik desa yang kini mulai diwujudkan untuk mengaliri listrik yakni di Desa Huta Namora di Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba Samosir.

“Untuk Wilayah ini, ada sekitar 17 kepala keluarga (KK). Dan sudah 3 rumah yang masuk listrik, kita menunggu penarikan jaringan ke rumah-rumah lainnya, untuk dialiri listrik,” tuturnya kepada Waspada Online, Sabtu, (15/9).

Dan bukan hanya pembangunan jaringan listrik ke Desa Huta Namora, PLN juga sedang melakukan penarikan jaringan ke desa terpencil lainnya yakni Desa Jambu Dolok, Kecamatan Pintu Pohan. Meski hanya dihuni 16 KK.

“Kita terus berkomitmen untuk menyelesaikan penarikan jaringan listrik hingga ke sana. Untuk penarikan jaringan ke desa ini masih harus dilakukan manual karena belum bisa dilalui kendaraan. Tiang listrik dan kabel masih harus dipikul oleh pekerja ke lokasi,” jelasnya.

Ditambahkan Manager Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) PLN Wilayah Sumatera Utara, Tumpal Hutapea, bahwa Program Listrik Desa menjadi salah satu komitmen pemerintah mewujudkan 100 persen desa teraliri listrik pada tahun 2019.

“Program ini semakin digenjot terutama pada kawasan-kawasan prioritas seperti Kawasan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata unggulan yang ada,” tambahnya.

Dan rasa syukur juga diungkapkan, Oloan Sinaga warga Huta Namora mengaku senang masuknya listrik di pemukiman mereka bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup.

“Sejak 20 tahun kami menanti aliran listrik ini. Dan sekarang sudah terwujud, terima kasih PLN,” ungkapnya.(wol/eko/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

PLN Terbarukan Pembangkit Energi Yang Akan Kurangi Energi Fosil

SUMUT, Waspada.co.id – Ketahanan energi di Sumatera Utara (Sumut) semakin membaik dengan mulai masuknya pasokan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: