Home / Sumut / Plh Gubsu Minta ASN Tingkatkan Keselamatan Kerja
Foto: Waspada.co.id

Plh Gubsu Minta ASN Tingkatkan Keselamatan Kerja

MEDAN, Waspada.co.id – Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Hj R Sabrina meminta seluruh Aparatur Sipil Negara Pemprovsu meningkatkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Hal tersebut dilakukan agar para ASN dapat memberikan pelayanan secara optimal kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Sabrina dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Sumatera Utara Ir H Ibnu S Hutomo MM pada apel pagi hari pertama masuk kerja usai libur panjang Idul Fitri 1439 H di halaman Kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Kamis (21/6).

Belajar dari musibah kapal tenggelam di Danau Toba, agar peristiwa serupa tidak terulang, ASN diminta untuk meningkatkan SMK3. “Jangan baru ada kecelakaan baru kita ribut menanganinya. Untuk itu, di kantor perhatikan bagaimana penanganan dan keamanan, dan sebagainya, termasuk itu semua dijaga dengan baik,” ujarnya.

Terkait ASN yang tidak hadir pada hari pertama kerja, menurutnya, akan dikenai sanksi mulai dari pemotongan Tunjangan Penambahan Penghasilan (TPP) hingga sanksi terberat sesuai hukum dan peraturan yang berlaku. “Namun, datang pada hari pertama kerja janganlah didasari rasa takut karena sanksi, sidak atau ancaman hukuman, melainkan karena tanggungjawab kolektif kepada masyarakat,” katanya.

ASN juga harus menjalankan tugas sesuai tupoksi. Sebagai payung anak negeri, ASN bisa menjadi teladan bagi masyarakat. “Selain itu agar ASN meningkatkan efektivitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Para ASN juga diingatkan agar dapat bekerja dengan baik. Cuti bersama yang diterima ASN seharusnya dapat memberi semangat baru dalam bekerja. “Semoga kita yang baru dari kampung halaman bisa memberi kekuatan hati dan semangat,” katanya.

Masih dalam suasana Idul Fitri 1439 H, ASN diminta untuk memperkuat silaturahmi antar abdi negara. Terus membangun ukhuwah antar sesama. Hal itu harus pula sejalan dengan semangat melayani masyarakat. “Agar masyarakat Sumatera Utara tambah sejahtera,” tambahnya.

Dikatakan juga, bulan Ramadhan yang lewat telah memberikan berbagai macam faedah yang baik bagi umat manusia. “Hal-hal yang baik ketika bulan Ramadhan agar tetap terus dijaga, seperti mengendalikan diri dan hawa nafsu,” katanya.

Usai apel pagi, Ibnu Hutomo menyampaikan kehadiran ASN di hari pertama kerja hampir mencapai 100%. “Alhamdulillah kehadiran ASN di apel pagi ini hampir mencapai 100 %, dan patut diapresiasi,” katanya.

Apel pagi dihadiri oleh seluruh OPD dan ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Usai apel pagi, para ASN saling bersalaman dan bermaaf-maafan. (wol/data2)

Editor: RIDIN

Check Also

Cabang Fahmil Qur’an Putra, Sumut Melaju ke Semi Final

MEDAN, Waspada.co.id – Tampil dominan dan mengesankan, tiga peserta asal tuan rumah provinsi Sumatera Utara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: