Home / Sumut / Pj Gubsu Ajak Masyarakat Sumut Budayakan Gaya Hidup Sehat
WOL Photo

Pj Gubsu Ajak Masyarakat Sumut Budayakan Gaya Hidup Sehat

MEDAN, Waspada.co.id – Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Eko Subowo mengajak masyarakat Sumatera Utara (Sumut) untuk membudayakan gaya hidup sehat. Diantaranya dengan membiasakan bersepeda dalam kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan bersepeda seperti hari ini merupakan salah satu gaya hidup sehat yang sangat penting untuk kita biasakan. Selain kita menjadi sehat, bersepeda juga membantu kita terbiasa mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Coba dimulai saat bepergian ke tempat-tempat yang tidak terlalu jauh dari rumah. Ketika belanja pagi hari misalnya,” kata Eko Subowo saat menghadiri dan melepas peserta Bhayangkara Tour Bike 2018 Kepolisian Daerah Sumut (Poldasu), di Lapangan Benteng Medan, Minggu (22/7).

Eko mengatakan, ada banyak manfaat yang diperoleh dengan membiasakan bersepeda dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bisa berdampak pada pengurangan volume kendaraan di jalan yang sering menimbulkan kemacetan. “Jika volume kendaraan berkurang, permintaan terhadap bahan bakar berkurang dan kualitas udara di Kota Medan akan lebih baik,” ujarnya.

Untuk itu, Eko berharap agar peserta Bhayangkara Tour Bike 2018 melanjutkan kebiasaan bersepeda dan mensosialisasikan aktivitas positif tersebut di lingkungan sekitar mereka. Memang, kondisi jalanan yang ramai dan padat kendaraan belum cukup ramah terhadap pengguna sepeda. Namun, Eko yakin semakin banyak orang yang memulai aktivitas tersebut, lingkungan dan pegguna kendaraan di jalanan akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Eko mengapresiasi Poldasu karena telah menyelenggarakan kegiatan Bhayangkara Tour Bike. “Kegiatan seperti ini adalah kegiatan-kegiatan yang sangat kita butuhkan di tengah masyarakat. Dengan suasana yang santai dan bersahabat, kepolisian berbaur dengan seluruh lapisan masyarakat. Kekompakan dan kebersamaan seperti ini harus terus dipupuk. Sehingga semakin mudah kita bersinergi membangun Sumut yang lebih baik,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Eko juga mengingatkan dan mengajak masyarakat Sumut untuk mendukung dan mensukseskan MTQN XXVII yang akan dilaksanakan bulan Oktober mendatang di Medan dan Deli Serdang. Begitu pula dengan Asian Games 18 di Jakarta dan Palembang.

Sementara itu, Kapoldasu Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw menyampaikan bahwa Bhayangkara Tour Bike 2018 ini merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-72 tahun 2018. “Bersepeda jarak jauh ini diikuti oleh 669 orang, start dari Lapangan Benteng, kita akan bersepeda jarak jauh menuju finish di Pantai Bali Lestari,” jelasnya.

Adapun rute yang dilalui, kata Paulus, yakni dari Jalan Imam Bonjol-Jalan B.Katamso menuju Jalan STM – Jalan Tritura dianjutkan ke Jalan SM Raja – Jalan Rivera kemudian finish di Pantai Bali Lestari, Serdang Bedagai.

Paulus pun mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubsu dan semua pihak yang telah turut meramaikan Tour Bike Bhayangkara hingga ke Pantai Lestari. Paulus juga mengapresiasi Bupati Sergai H Soekirman beserta Forkopimda Kabupaten Serdang Begadai yang turut membantu penyelenggaraan acara dengan Pantai Lestari sebagai lokasi finish.

Turut hadir dalam acara tersebut Irwasda Polda Sumut Kombes Pol Drs Lilik Arga Tjahjana, Wakil Ketua Ikatan Umum Sepeda Sport Indonesia Engkos Sadrah, Bupati Sergai H Soekirman, Forkopimda Kabupaten Serdang Bedagai, Pengurus Pantai Bali Lestari, dan peserta Tour Bike Bhayangkara 2018.(wol/data1)

Editor: RIDIN

Check Also

Bus Masuk Jurang, 18 Orang Dievakuasi dan 6 Orang Dikabarkan Tewas

TOBASA, Waspada.co.id – Bus yang membawa rombongan dalam perjalanan menghadiri pesta pernikahan masuk jurang sedalam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: